11 Cara Meningkatkan Mood dengan Meningkatkan Hormon 'Endorfin' Kebahagiaan

- 4 Februari 2023, 12:30 WIB
Ilustrasi bahagia
Ilustrasi bahagia /Freepik/Cookie Studio/

PRFMNEWS - Mungkin kamu sudah tahu bahwa mood kita bisa dipengaruhi oleh hal yang terjadi di sekitar kita ataupun yang kita alami. Namun, mood juga bisa dipengaruhi oleh faktor internal tubuh, yaitu hormon. Kamu harus tahu cara meningkatkan mood dengan cara meningkatkan hormon bahagia.

Serotonin, dopamin, oksitosin dan endorfin terkenal sebagai hormon bahagia yang mendorong perasaan positif.

Endorfin adalah pembawa pesan kimiawi dalam tubuh yang dilepaskan oleh sistem saraf pusat dan kelenjar pituitari. Di dalam tubuh, endorfin memainkan peran penting untuk mengelola rasa sakit dan merasakan kesenangan.

 

Baca Juga: Coba Rutinkan Minum Cokelat Jenis ini Setiap Hari, Jantung Kita Akan Sehat Luar Biasa Kata dr. Zaidul Akbar

Saat dilepaskan, endorfin dapat membantu meredakan nyeri, mengurangi stres, dan dapat menyebabkan perasaan gembira. Singkatnya, endorfin bisa membuat kamu merasa sangat baik.

Untungnya, kita semua dapat meningkatkan hormon endorfin secara alami dan mudah. Bagaimana caranya? Baca sampai selesai untuk mengetahui jawabannya.

1. Makan cokelat dapat menciptakan rasa senang

Penelitian dalam British Journal of Clinical Pharmacology menemukan bahwa menyantap coklat hitam alias dark chocolate dapat meningkatkan level endorfin. Bubuk kakao mengandung bahan kimia yang disebut flavonoid yang dipercaya bermanfaat bagi otak.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x