Produsen Sepeda ini Bikin Sepeda Gunakan 3D Printing, Berbobot Ringan, Tapi Harganya Berat

- 15 Juli 2020, 11:38 WIB
Sepeda unibody Superstrata Ion, yang dibekali motor listrik 250W.*
Sepeda unibody Superstrata Ion, yang dibekali motor listrik 250W.* /ANTARA/Superstrata

PRFMNEWS - Bersepeda kini memang tengah menjadi tren. Banyak produsen sepeda berlomba-lomba menghadirkan jenis sepeda baru dengan berbagai keunggulannya.

Terbaru, salah satu perusahaan sepeda asal California, Amerika Serikat, Superstrata memproduksi dan menawarkan sepeda yang berbeda dengan sepeda lainnya. Jika sepeda pada umumnya dibuat dengan cara me-las bagian perbagiannya, maka sepeda produksi Superstrata ini dibuat dengan menggunakan pencetakan 3 dimensi (3D printing) sehingga tanpa ada sambungan yang dilas seperti sepeda pada umumnya.

Dikutip prfmnews.id dari ANTARA, berbahan campuran serat karbon standar industri yang diklaim 15 kali lebih kuat dari titanium, sepeda Superstrata memiliki bobot hanya sekitar 7,5 kg, sedangkan rangkanya saja diperkirakan beratnya hanya 1,3 kg.

Baca Juga: Kemenkes Revisi Istilah ODP, PDP, OTG Covid-19, Berikut Penjelasannya

Sejauh ini, seperti dikutip dari laman resminya, Superstrata sudah menyediakan dua model yang sudah bisa dipesan konsumen, di antaranya melalui platform online Indiegogo, yakni Superstrata Terra dan Superstrata Ion.

Superstrate Terra yang berbobot 7,5 kg dibekali roda spoked alloy rims, dengan pilihan ban smooth tread 25mm, mixed tread 35mm, dan aggresive tread 40mm.

Dilengkapi dengan komponen dari Shimano Groupset, Terra yang tersedia dalam warna putih dan hitam ditawarkan dengan harga 2.799 dolar atau sekitar Rp40,8 juta.

Baca Juga: Jalani Tes Swab Kedua, 116 Orang di Secapa AD Dinyatakan Negatif Covid-19

Sementara Superstrata Ion, yang ditambahi dengan motor listrik, memiliki bobot rangka 1,7 kg dan berat sepeda secara keseluruhan sekitar 11 kg.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x