11 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan, Buah Eksotis dengan Segudang Manfaat

- 6 Desember 2022, 13:15 WIB
Ilustrasi buah sawo.
Ilustrasi buah sawo. /Pixabay/ David_Miram

PRFMNEWS - Kamu pasti udah gak asing lagi dengan buah sawo yang memiliki nama latin Manilkara zapota. Buah sawo adalah buah tropis yang umumnya mudah ditemukan di Indonesia.

Buah ini terkenal akan rasanya yang manis dan tekstur daging buahnya yang begitu lembut.

Selain karena kelezatannya, kamu gak salah untuk menyukai buah ini karena ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Yuk, simak deretan manfaat buah sawo tersebut di sini:

Baca Juga: 10 Manfaat dari Semangka Mulai dari Kulit Hingga Bijinya, Dipaparkan dr Ema

1. Melancarkan proses pencernaan

Buat kamu yang sedang mengalami gangguan pencernaan seperti konstipasi? Yuk coba atasi dengan mengonsumsi buah sawo. Sawo merupakan buah yang kaya akan serat, di mana kandungannya tersebut sudah terbukti kemampuannya dalam melancarkan proses pencernaan dan mendukung pergerakan usus.

Tipe serat yang dikandung oleh buah sawo adalah serat pangan sehingga sangat tepat untuk memberikan efek laksatif atau pencahar. Kandungan serat pangannya yang tinggi ini juga bisa mendukung dan memelihara membran kolon dan membuatnya memiliki resistansi atas infeksi yang mungkin terjadi.

2. Memelihara kesehatan kulit

Manfaat buah sawo selanjutnya adalah untuk memelihara kesehatan kulit. Buah sawo kaya akan nutrisi berupa vitamin E, vitamin A, dan vitamin C, yang kesemuanya memiliki efek yang sangat bagus bagi kesehatan kulit, serta membantu melembabkan kulit. Alhasil, kulit pun jadi sehat terawat dan lembab.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x