5 Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua Agar Anak Tak Kecanduan Bermain Game

- 14 November 2022, 09:00 WIB
Ilustrasi kecanduan game.
Ilustrasi kecanduan game. /prfmnews

PRFMNEWS – Saat ini game semakin mudah diakses oleh semua orang termasuk anak – anak. Bahkan beberapa anak kerap menghabiskan waktu berjam – jam untuk bermain game.

Terdapat berbagai jenis game yang bisa menjadi pilihan mulai dari mobile game, PC game, console game, handheld game dan lainnya, tentunya dengan berbagai pilihan genre.

Game tak hanya berguna untuk mengisi waktu luang atau hiburan, namun juga bisa menambah wawasan, menambah koneksi bahkan menjadi pekerjaan.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu! 9 Kartun ini Tidak Boleh Ditonton Anak, Disampaikan Disdik Kota Bandung

Namun terdapat berbagai hal yang perlu diperhatikan jika game dimainkan oleh anak – anak. Hal tersebut dikarenakan game bisa berpengaruh terhadap perkembangan anak.

Dilansir prfmnews.id dari berbagai sumber, berikut sejumlah hal yang harus diperhatikan orang tua jika anak bermain game:

Baca Juga: Orang Tua Baru Wajib Tahu Cara Merawat Bayi Baru Lahir, Kata dr Jeffry Kristiawan

1. Usia
Game yang tersedia memiliki kategori usia agar dimainkan sesuai dengan usianya. Tidak semua game aman dimainkan sehingga terdapat kategori usia yang harus diperhatikan orang tua. Mulai dari 3 tahun keatas, 5 tahun keatas, 9-12 tahun.

2. Unsur berbahaya
Perlihatkan unsur berbahaya yang ada pada game mulai dari aksi tembak – tembakan, judi, sadisme, dialog kasar, pornografi, terorisme, alkohol, kekerasan dan eksploitasi seksual.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x