10 Makanan Khas Nusantara yang Identik dengan Perayaan 17 Agustus

- 17 Agustus 2022, 15:30 WIB
Ilustrasi tumpeng merah putih
Ilustrasi tumpeng merah putih /YouTube Soim Ahmad


PRFMNEWS - Pada hari ini, 17 Agustus 2022 rakyat Indonesia merayakan Hari Kemerdekaannya yang ke-77. Banyak acara yang biasanya dilakukan saat merayakannya untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur untuk meraih kemerdekaan.

Dari lomba makan kerupuk hingga pawai tumpeng dan dihidangkan dengan aneka makanan khas kemerdekaan menjadi ciri khas 17 Agustusan di Indonesia yang tak boleh dilewatkan.

Kegiatannya ramai ini diikuti dari pedesaan hingga berbagai sudut kota-kota besar, bahkan hingga di rumah sendiri. Anak-anak, bapak-bapak, hingga ibu-ibu turut berpartisipasi, sehingga momen spesial ini selalu punya tempat di hati.

Baca Juga: Google Doodle yang Menghiasi Hari Kemerdekaan RI ke-77 adalah Karya Seniman Asal Bandung

Bicara soal ragam makanan tema kemerdekaan Indonesia, kali ini, prfmnnews.id menghadirkan beberapa makanan yang biasanya selalu hadir untuk merayakan Hari Kemerdekaan. Apa sajakah itu?

1. Tumpeng Merah Putih

Biasanya warna tumpeng adalah kuning, bentuknya mengerucut, serta dilengkapi lauk pauk yang lezat seperti ayam goreng atau bakar, tempe, tahu, sambal hingga aneka lalapan.

Namun di HUT RI hidangan ini cukup berbeda, yaitu berwarna merah putih yang identik dengan hari kemerdekaan Indonesia. Warna merah yang dihasilkan dari beras merah, sementara untuk putih dari beras biasa.

Kemudian untuk lauk pauknya pun hampir sama. Disantap bersama dii momen yang sangat bersejarah itu.

Baca Juga: Ada Promo Gratis Masuk Bandung Zoo Selama 3 Hari Sambut HUT ke-77 RI

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x