10 Cara Cegah Luka Kaki Susah Sembuh, Pasien Diabetes Gula Darah Tinggi Wajib Taati, Kurangi Risiko Amputasi

- 23 Juni 2022, 16:40 WIB
Cara Cegah Luka Kaki Susah Sembuh, Pasien Diabetes Gula Darah Tinggi dari dr. Ema Surya Pertiwi
Cara Cegah Luka Kaki Susah Sembuh, Pasien Diabetes Gula Darah Tinggi dari dr. Ema Surya Pertiwi //Youtube/Emasuperr

PRFMNEWS - Pasien diabetes atau kencing manis dengan gula darah tinggi wajib menjaga agar kaki tidak luka karena bisa sulit sembuh. Bahkan jika luka diabaikan dalam waktu lama, berisiko ancaman amputasi.

Healthy vlogger dokter Ema Surya Pertiwi bagikan 10 cara mencegah luka pada kaki pasien diabetes dengan gula darah tinggi agar mengurangi risiko infeksi akibat luka tersebut sehingga ancaman amputasi bisa ditangani.

Sepuluh cara cegah terjadinya luka kaki pada penderita diabetes dengan gula darah tinggi dari dr. Ema Surya Pertiwi ini wajib ditaati, baik saat beraktivitas sehari-hari di dalam maupun luar rumah.

Dokter Ema Surya Pertiwi mengatakan, 10 cara mencegah luka di kaki ini juga efektif mengurangi tanda atau gejala gula darah tinggi pada pasien diabetes yang juga kerap muncul di area sekitar kaki.

Baca Juga: Bicara Soal Regulasi Perempat Final Piala Presiden 2022, Robert Alberts: Kami Akan Bermain di Bandung

Melansir laman Kementerian Kesehatan, diabetes dapat menyebabkan dua potensi ancaman pada kaki yang bahkan berpotensi menyebabkan amputasi, yaitu:

1. Kerusakan saraf (neuropati diabetik)

Ketika jaringan saraf di kaki rusak, sensasi rasa sakit menjadi berkurang. Itu sebabnya, kaki dapat terluka atau terpotong tanpa penderita menyadarinya.

2. Mengurangi aliran darah

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x