Apakah Penyakit Diabetes Bisa Disembuhkan Selamanya? Begini Penjelasan dr. Saddam Ismail

- 22 Juni 2022, 15:30 WIB
Ilustrasi penyakit diabetes.
Ilustrasi penyakit diabetes. /Pixabay.com/feelphotoz/

PRFMNEWS - Tidak sedikit penderita diabetes yang mungkin sering bertanya-tanya apakah penyakit tersebut bisa sembuh atau tidak.

Karena tentunya setiap penderita diabetes bahkan penyakit lainnya berharap bahwa penyakit yang diderita bisa sembuh selamanya tanpa harus kambuh lagi.

“Memang penyakit diabetes ini tidak bisa disembuhkan selamanya atau sembuh total,” ungkap dr. Saddam Ismail seperti yang dikutip prfmnews.id dari YouTube Saddam Ismail pada Selasa 21 Juni 2022.

Baca Juga: Di Masa Libur Sekolah ini Bandung Zoo Buka Kesempatan Anak Sekolah Jadi Pengurus Hewan, Tertarik?

Namun menurut dr. Saddam Ismail, penderita diabetes tidak perlu khawatir karena gula darah kita bisa kembali normal atau terkontrol.

Jika penderita diabetes gula darahnya sudah kembali normal kemudian melakukan gaya hidup sehat, makan teratur dan konsumsi makanan sehat kemudian menjalani pantangan untuk penderita diabetes, ini bisa membuat gula darah kembali normal atau terkontrol.

"Walaupun gula darahnya normal atau terkontrol itu bukan dikatakan sembuh,” sambung dr. Saddam Ismail.

Kemudian jika penderita diabetes mulai bosan hidup sehat, mulai makan sembarangan dan tidak aktif bergerak lagi maka gula darah bisa naik kembali. Ini dikarenakan diabetes merupakan penyakit kronis.

Baca Juga: dr Zaidul Akbar Berikan Saran Hewan Qurban Terbaik untuk Idul Adha: Mengikuti Ayat Al Quran

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x