Sering Begadang Bikin Badan Gemuk, Pastikan Tidur Tidak Terlalu Malam Untuk Hindari 7 Efek Buruk Lain ini

- 22 Juni 2022, 10:30 WIB
Ilustrasi begadang.
Ilustrasi begadang. /Pixabay/mohamed_hassan/



PRFMNEWS – Begadang atau tidur terlalu malam menjadi kebiasaan yang harus dihindari seseorang. Selain memicu insomnia, begadang bisa menyebabkan efek atau dampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental.

Setidaknya ada 8 efek buruk begadang atau kurang tidur malam terhadap kesehatan seseorang yang disampaikan Kepala Badan Layanan Klinik Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya Herman Sudjarwo.

Jika kurang tidur akibat begadang, maka efek buruk yang bisa muncul pertama adalah risiko peningkatan berat badan menjadi lebih gemuk sehingga bisa berpotensi obesitas.

Herman menyebut, berdasarkan penelitian, orang yang sering begadang bisa mengalami kenaikan berat badan lebih banyak, dibandingkan dengan orang yang tidurnya cukup setiap hari.

Baca Juga: Masih Muda Tapi Sering Begadang, ini Dampak Buruknya Pada Tubuh, kata dr. Ema

“Efek begadang bisa mengganggu metabolisme tubuh. Selain itu, kurang tidur juga bisa membuat tubuh menjadi lebih cepat lapar, sehingga pola makan pun sulit untuk dijaga,” jelasnya, dikutip prfmnews.id dari laman UM Surabaya pada Rabu 22 Juni 2022.

Dampak buruk kedua adalah penuaan dini. Saat begadang dan kurang tidur seseorang akan menghasilkan lebih banyak hormon stres (kortisol). Hormon ini dapat memecah dan merusak struktur kolagen pada kulit, yakni protein yang berfungsi untuk membuat kulit lebih kencang dan elastis.

“Akibat sering begadang, kulit dan wajah menjadi lebih kusam dan kering. Rusaknya kolagen di wajah bisa menyebabkan munculnya garis-garis atau kerutan di wajah, flek atau bintik-bintik kehitaman, serta mata bengkak dan lingkaran hitam di sekitar mata (mata panda),” ucapnya.

Baca Juga: Jemaah Indonesia Ada yang Bawa Surat Tanah ke Madinah

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: universitas muhammadiyah surabaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x