Permudah Pekerjaan, Ini Daftar Rekomendasi Program Akuntansi Terbaik

- 2 September 2021, 20:08 WIB
Ilustrasi - Akuntansi
Ilustrasi - Akuntansi /Pixabay/stevepb/

PRFMNEWS - Pada zaman serba canggih dan modern seperti saat ini sudah banyak pilihan program komputer yang dibuat para developer handal yang bertujuan untuk memudahkan semua pekerjaan menjadi lebih cepat. Dan salah satunya yaitu program akuntansi keuangan.

Tidak ada satu bisnis yang tidak mengelola manajemen keuangan dengan baik, semuanya dikelola dengan tepat dan benar. Di Indonesia juga sudah tersedia banyak pilihan dengan ragam fitur juga kebutuhan.

Untuk lebih jelasnya simak pembahasan lengkap mengenai program akuntansi berikut ini:

Mengenal program akuntansi Secara Umum

Program akuntansi merupakan sebuah program aplikasi yang khusus dibuat untuk mengelola pencatatan setiap transaksi bidang usaha. Program ini digunakan para akuntan perusahaan agar data-data seputar transaksi bisa lebih mudah dikelola dan diproses.

Baca Juga: Diungkapkan Bupati, Tahun Ini Pemerintah Kabupaten Bandung Mau Bangun 17 Sekolah Baru

Beberapa data yang bisa direkam dengan program ini seperti data pembelian, penjualan, pembayaran gaji, laporan, dan data-data lainnya dan tentunya masih berhubungan dengan pelaporan keuangan sebuah perusahaan.

Program program akuntansi ini memiliki banyak fitur yang mana bisa dipilih sesuai kebutuhan. Sebab software ini menjadi aplikasi berbayar yang harganya berbeda-beda, tergantung pada seberapa rumitnya program tersebut dalam menjalankan fungsinya.

Semakin banyak fungsi juga fitur yang ditawarkan, maka akan semakin mahal harganya. Sehingga Anda bisa lebih bijak dalam menentukan program software yang tepat untuk perusahaan.

Bidang Akuntansi bisa dijadikan tolak ukur hasil dari kegiatan ekonomi dalam suatu bisnis atau perusahaan pada berbagai pihak seperti investor, kreditor, manajemen dan owner.

Manfaat dan Kegunaan program akuntansi

1. Meningkatkan Produktivitas Akuntan

Dengan dukungan teknologi informasi berupa program akuntansi, maka kinerja akuntan akan lebih cepat. Software ini mampu meningkatkan produktivitas pegawai juga berdampak baik bagi perusahaan.

Baca Juga: Coki Pardede Ditangkap Polisi, Tretan Muslim dan Patrick Effendy MLI Bilang Begini

Contohnya ketika akuntan akan mencatat laporan dalam buku, maka tidak perlu lagi menyiapkan buku-buku yang banyak. Karena semua itu bisa dikelola secara otomatis dengan satu kali ‘klik’ melalui program akuntansi ini.

2. Keamanan Data

Semua data pada perusahaan, mulai dari data karyawan, data keuangan, data penjualan dan riwayat transaksi menjadi hal yang sangat penting dan tidak boleh tersebar ke pihak umum atau yang tidak bersangkutan.

Karena itu dengan menggunakan program accounting ini, semua data yang ada akan tersimpan rapi ke dalam file server. Dan untuk mengaksesnya memerlukan kode tertentu sehingga data-data tersebut jadi lebih aman.

3. Meringankan Biaya

Jika dalam satu perusahaan, apabila ingin mengelola data keuangan dengan baik, maka dibutuhkan beberapa akuntan. Hal ini akan membebani perusahaan dari segi pembayaran gaji.

Tapi dengan menggunakan program akuntansi, maka semua pekerjaan yang rumit bisa dikerjakan dengan lebih mudah. Pendataan bisa berjalan secara otomatis dan kinerja akuntan jadi lebih ringan, sehingga Anda bisa mempekerjakan sedikit akuntan saja.

4. Proses Bisnis Lebih Mudah

Meski terlihat sepele, yang namanya kesalahan kecil seperti salah input data ini bisa berdampak pada keberhasilan bisnis.

Baca Juga: Pemkab Bandung Bangkitkan Sektor Pariwisata, Usung Program Vaksin Sambil Piknik

Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan program akuntansi karena program ini mampu mencatat data dengan valid dan minim error.

Dengan pendataan yang benar dan tepat, produktivitas perusahaan tentu akan meningkat. Sehingga kondisi organisasi perusahaan akan membaik dan hal ini juga berdampak positif bagi kemajuan perusahaan.

Nah agar Anda tidak salah dalam memilih, berikut kami sudah menyiapkan beberapa tips dalam memilih program akuntansi keuangan terbaik untuk bisnis dan perusahaan Anda.

Tips Memilih program akuntansi Terbaik

1. Jenis bisnis/perusahaan

Sebelum memilih program akuntansi, maka cari tahu dulu jenis bisnis yang sedang Anda jalankan seperti bisnis dagang, jasa, manufaktur, industri, agraris dan sebagainya.

Juga ketahui bentuk bisnis Anda, apakah milik pribadi, UMKM, CV, Firma atau perusahaan. Karena ada beberapa kebutuhan akuntansi yang berbeda di tiap jenis dan bentuk bisnis yang dijalankan.

2. program akuntansi saat ini

Selanjutnya mengetahui program akuntansi yang akan dipakai saat ini. Jika sebelumnya tidak menggunakan program akuntansi maka bisa menentukan pilihan saat itu juga. Dan pastikan jika aplikasi atau software yang digunakan tersedia fitur integrasi atau tidak.

3. Ukur kemampuan tim

Kemampuan Akuntan dan tim keuangan bisnis juga penting. Jangan sampai sudah bayar mahal untuk program akuntansi tapi tidak bisa mengoperasikan. Dan umumnya penyedia program akan memberikan modul atau training pada penggunanya agar lebih mudah paham.

4. Fitur integrasi software

Apakah saat ini Anda memang memerlukan sebuah program akuntansi yang bisa diintegrasikan dengan beberapa divisi lain. Seperti untuk divisi produksi, purchasing, inventory, perpajakan, pengajian dan lainnya. Ini penting agar tidak terlalu banyak menggunakan software yang berbeda-beda di setiap divisinya.

5. Faktor lain

Dan ada faktor lain yang harus dipertimbangkan seperti dukungan hardware, software dan sistem operasi jika program akuntansi offline.

Baca Juga: Di Amerika Muncul Varian Baru Covid-19 yang Dinamakan Mu

Dan ada juga beberapa partner bisnis/perusahaan yang mengharuskan untuk menggunakan salah satu program yang sudah dirujuk sebelumnya.

Daftar program akuntansi Terbaik

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x