Survei P2G: Masih Banyak Orangtua yang Ragu Anaknya Disuntik Vaksin

- 11 Juli 2021, 17:05 WIB
ilustrasi vaksinasi anak
ilustrasi vaksinasi anak /Pixabay/

PRFMNEWS - Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) sebagai salah satu organisasi guru tingkat nasional, baru saja melakukan Survei Nasional bertajuk “Sikap Orangtua Terhadap Vaksinasi Anak dan Pembelajaran Tatap Muka Juli 2021”.

Survei ini diselenggarakan pada 5 Juli hingga 8 Juli 2021 lalu dengan melibatkan 9.287 responden orangtua siswa di jenjang pendidikan, yakni SD/MI, SMP/MTs,  SMA/SMK/MA, dari 168 kota/kabupaten dan 34 provinsi seluruh Indonesia.

Teknik pengumpulan data melalui kuesioner semi tertutup (mixed) berbasis Web yang menggunakan aplikasi Google Form, disebarkan via aplikasi Whatsapp ke seluruh jaringan guru P2G.

Menggunakan teknik sampling acak sederhana (simple random sampling) yaitu teknik pengambilan sampel atau elemen secara acak, setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel, dengan margin of error 0,5 persen.

Hasil Survei ini menunjukan:

Baca Juga: Sudah Dapat Izin BPOM, 3 Juta Dosis Vaksin Moderna Tiba di Indonesia Hari Ini

1. Persetujuan Orangtua Terhadap Dimulainya Pembelajaran Tatap Muka Tahun Ajaran Baru Juli 2021, hasilnya: Sebanyak 43,9 persen Setuju sekolah dimulai PTM Juli 2021, 32,2 persen Ragu-ragu, 23,9 persen Tidak setuju.

2. Alasan Orangtua yang Setuju Pembelajaran Tatap Muka (TPM) atau Pembukaan Sekolah/Madrasah pada bulan Juli 2021, adalah: 41,3 persen anak jenuh/bosan berada di rumah, 24,7 persen anak hanya bermain game di rumah, 21,2 persen sinyal internet susah sekali di daerahnya, 9,3 persen orang tua tidak memiliki kompetensi pengajaran di rumah; 3,5 alasan lainnya.

Alasan orangtua umumnya bersifat psikologis, walaupun ada alasan lainnya seperti Selama PJJ guru hanya memberikan tugas saja, sekolah dinilai sudah siap PTM, sekolah sudah melakukan Uji Coba PTM, guru sudah divaksinasi, anak sudah kangen sekolah, anak tidak bersosialisasi dengan teman baru, anak malas-malasan belajar, dan orang tua pusing melihat anak main saja.

3. Alasan Orangtua yang ragu-ragu dan tidak setuju Pembelajaran Tatap Muka (TPM) atau Pembukaan Sekolah/Madrasah pada bulan Juli 2021 berjumlah 56,1 persen.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x