Puasa Aman Bagi Penderita Maag, Jangan Lupakan Makanan Tinggi Serat

- 4 Mei 2021, 16:18 WIB
ILUSTRASI sakit maag.*
ILUSTRASI sakit maag.* /DOK. PIXABAY



PRFMNEWS
- Ketika menjalankan ibadah puasa kita harus menahan rasa lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam, maka secara otomatis pola makan dan minum pun berubah cukup drastis.

Hal ini tentu saja sangat berpengaruh bagi mereka yang memiliki penyakit maag, karena lambung yang kosong dalam waktu yang lama akan memicu penyakit maag.

Melalui Channel YouTube pribadinya, dr. Saddam Ismail berbagi tentang tips aman berpuasa bagi mereka yang memiliki penyakit maag.

Hindari makanan pemicu maag

Tips yang pertama yaitu kita harus sebisa mungkin menghindari makanan yang dapat memicu penyakit maag baik ketika sahur maupun berbuka puasa.

Baca Juga: CEK FAKTA: Corona Menggila, Kota Bandung Zona Merah?

Makanan-makanan ini diantaranya seperti makanan berlemak, makanan pedas, makanan yang terlalu asam, dan makanan bersantan.

Jika kita masih mengonsumsi makanan tersebut, maka resiko kambuhnya penyakit maag saat berpuasa sangatlah tinggi.

 

Berbuka puasa tepat waktu

Tips berikutnya yaitu berbuka puasa tepat waktu. Pada dasarnya lambung seseorang yang memiliki penyakit maag tidak boleh kosong dalam waktu yang terlalu lama karena dapat meningkatkan asam lambung dan mengiritasi lambung.

Jadi ketika berbuka puasa usahakan untuk selalu tepat waktu, sehingga dapat mengurangi risiko munculnya penyakit maag.

 

Jangan makan dalam porsi besar

Ketika berbuka puasa banyak orang biasanya mengonsumsi makanan dalam porsi yang cukup besar, mengingat mereka sudah menahan lapar selama kurang lebih 14 jam.

Namun mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar ketika berbuka tidaklah baik bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit maag, karena dapat menyebabkan lambung meregang dan menjadi penyebab munculnya penyakit maaf.

Baca Juga: Cek Poin Cianjur di Mana Saja? Ini Lima Titik Lokasinya

Selain itu juga dapat mengurangi efektifitas kerja pada sistem pencernaan. Jadi bagi kita yang memiliki penyakit maag usahakan untuk mengontrol porsi makanan dan makanlah secukupnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: YouTube Saddam Ismail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x