Bingung Harga Internet Bisnis Lebih Menguras Kantong Ketimbang Internet Rumahan? Ternyata Ini Jawabannya

- 24 Maret 2021, 16:20 WIB
Ilustrasi internet
Ilustrasi internet /Pixabay

PRFMNEWS - Pernahkah Anda mengajukan layanan internet untuk kebutuhan bisnis? Jika pernah, Anda pasti menyadari bahwa layanan tersebut dibanderol dengan harga yang lebih mahal ketimbang internet rumahan, meski memberikan kualitas internet yang tak jauh berbeda. Pemberian harga yang lebih mahal oleh provider internet ini ternyata bukan tanpa alasan.

Saat memasang layanan internet, Anda diharuskan untuk memilih besaran bandwidth yang diinginkan. Ibarat selang yang mengalirkan air, bandwidth adalah penyalur koneksi internet dari provider ke perangkat yang Anda gunakan dan biasanya diukur dengan satuan Mbps atau Megabit per second. Semakin besar bandwidth yang diterima, semakin cepat pula koneksi internet yang bisa Anda dapatkan.

Berbeda dengan pemakaian rumahan, aktivitas internet untuk kebutuhan bisnis umumnya jauh lebih bervariasi dan padat. Jika ukuran “selang”nya kecil, semua aktivitas internet tersebut tak akan bisa berjalan dengan lancar. Nah, guna mengakomodir kebutuhan bandwidth yang lebih besar, provider internet akan membanderol harga lebih tinggi pada layanan internet untuk kebutuhan bisnis.

Baca Juga: Empat Kandidat Pemain Persib Bandung yang Bakal Sandang Ban Kapten di Piala Menpora

Baca Juga: Sepeda Masuk Jalan Tol Siang Ini, Terekam Kamera ke Arah Pasir Koja

Selain itu, layanan internet untuk bisnis yang lebih menguras dompet ternyata juga memberikan berbagai fitur dan juga fasilitas lain yang bermanfaat. Apa saja? Simak 9 alasan mengapa harga internet bisnis lebih mahal ketimbang internet rumahan berikut ini.

1. Menyediakan Alamat IP Statis
Alasan pertama mengapa internet bisnis lebih mahal ketimbang internet rumahan adalah pengguna bisa mendapatkan alamat IP statis. Peran dari alamat IP statis ini adalah untuk meng-host seluruh infrastruktur yang ada di tempat kerja, sebagai contoh, server email dan server file, kamera video, pengontrol AC ruangan, dan sebagainya.

Untuk bisa mendapatkan alamat IP statis ini, Anda harus lebih dulu memberitahu pihak operator internet bisnis mengenai alasan kepemilikan fasilitas tersebut. Kalau untuk kebutuhan infrastruktur premis, tentunya Anda harus mengajukan internet bisnis ini yang harganya relatif lebih mahal.

2. Kecepatan Download dan Upload Sepadan
Tak terlalu banyak mengunggah data besar ke dunia maya, pemakaian internet rumahan biasanya hanya mementingkan kecepatan download saja. Bahkan, rasio kecepatan download dan upload pada internet rumahan biasanya hanyalah 10:1, atau jika kecepatan mengunduh adalah 10 Mbps, maka kecepatan mengunggahnya hanya dibatasi 1 Mbps saja.

Berbeda dengan pemakaian internet untuk bisnis yang umumnya sama-sama membutuhkan kecepatan upload dan download tinggi, atau dengan rasio yang sebanding. Dengan memasang internet komersial atau bisnis, Anda dapat menikmati layanan internet yang memiliki kecepatan download dan upload yang setara tingginya.

Misalnya memasang layanan paket indihome untuk internet rumahan tentunya akan berbeda dengan Biznet Metronet. Karena yang satu untuk keperluan personal dan yang satu lagi untuk keperluan perkantoran. Kecepatan akses yang ditawarkan tentu berbeda.

3. Konektivitas Langsung ke Jaringan Internet Bisnis
Internet rumahan biasanya dihubungkan melalui jaringan yang digunakan oleh semua pengguna di sebuah komplek atau perumahan. Alhasil, saat semua orang menggunakan jaringan tersebut, koneksi internetnya mungkin akan terasa sedikit lag atau melambat.

Namun, hal ini tak akan terjadi jika Anda memasang internet bisnis. Sebab, koneksitivitas internetnya langsung terhubung ke jaringan internet bisnis Anda. Dalam kata lain, tak peduli sepadat apa penggunaan internet di area sekitar tempat kerja, kualitas internet bisnis Anda akan tetap stabil dan terjaga.

4. Adanya Kontrak Tingkat Layanan
Saat mengajukan layanan internet bisnis, Anda biasanya akan diberi perjanjian atau kontrak tingkat layanan. Melalui kontrak tersebut, Anda berhak untuk mendapatkan kompensasi, berupa, diskon, kredit, maupun pemutusan perjanjian awal, jika layanan internet bisnis yang diterima tak sesuai dengan yang sudah disepakati.

Baca Juga: Laga Persib vs Bali United, Ketua DPRD Kota Bandung Waspadai Mantan Pemain Persib

Baca Juga: Wujudkan Akuntabilitas Pemda hingga Keuangan Desa, Itjen Kemendagri dan BPKP Bangun Kolaborasi

Beberapa hal penting seputar layanan internet, seperti, latensi rendah, layanan pelanggan yang dapat dihubungi 24 jam seminggu, dan sebagainya, biasanya tercantum pada kontrak tingkat layanan tersebut. Melalui perjanjian tingkat layanan ini, kenyamanan dan kepuasan pemakaian internet bisnis akan terjamin, serta sepadan dengan harga premium yang sudah dibayarkan pengguna.

5. Fasilitas Home Office yang Mumpuni
Semakin banyak karyawan yang bekerja di sebuah bisnis, koneksi internet yang lebih cepat dan stabil tentu akan lebih dibutuhkan. Terutama jika lokasi kantor cukup jauh dari pusat kota dan tak mendapatkan jaringan internet prioritas. Dengan menjadi pengguna internet bisnis, kualitas internet yang Anda terima akan jauh lebih baik ketimbang pengguna internet rumahan biasa, serta dapat digunakan untuk pemakaian tanpa batas.

6. Tingkat Pelayanan Lebih Tinggi
Walaupun dalam hal gangguan tak memiliki perbedaan yang signifikan dengan internet rumahan, pengguna internet bisnis mempunyai satu keunggulan yang tak dapat dipandang sebelah mata, yakni tingginya kecepatan akses atau koneksi. Bisa dibilang, saat menjadi pelanggan internet bisnis, Anda tak akan memiliki ruang untuk mengeluhkan koneksi internet yang lambat ataupun lemot. Faktor inilah yang membuat banyak bisnis berbasis online tertarik untuk menggunakan layanan internet bisnis ini.

7. Menggunakan Dedicated Connection
Koneksi khusus atau Dedicated Internet Access merupakan teknologi yang begitu penting bagi kinerja sebuah bisnis. Sesuai namanya, koneksi atau jaringan pada internet bisnis ini eksklusif ditujukan untuk bisnis Anda. Artinya, bandwidth yang diterima tidak akan dibagi dengan pengguna lainnya yang seringkali membuat kecepatan internetnya melambat.

Berkaitan dengan beberapa poin sebelumnya, dedicated connection ini umumnya bersifat simetris atau menjanjikan kecepatan download dan upload yang setara. Dengan begitu, pengguna internet bisnis ini dapat lebih leluasa dalam memanfaatkan jaringan internet, seperti, menyimpan data berukuran besar secara online, bebas mengunduh file apapun tanpa takut kehabisan kuota, hingga aktivitas streaming tanpa batasan waktu.

Baca Juga: PS Sleman Kalah di Laga Perdana Piala Menpora, Dejan Antonic Enggan Salahkan Pemain

Baca Juga: Dekranas Siap Bantu Promosikan Produk UMKM Lewat Platform Digital

Ada Harga, Ada Kualitas, Gambaran yang Cocok tentang Internet Bisnis
Ada harga, ada kualitas, seperti itulah penggambaran yang cocok terhadap internet bisnis dan mengapa layanan tersebut dibanderol dengan harga lebih mahal ketimbang internet rumahan. Pada internet bisnis, provider ternyata menawarkan banyak fitur dan layanan tambahan yang hanya bisa didapatkan oleh pengguna internet jenis ini.

Tergantung dari kebutuhan bisnis dan pemakaiannya, fitur-fitur tersebut tentu mampu memberikan manfaat yang tak akan Anda temukan di layanan lainnya. Nah, jika Anda merasa membutuhkan berbagai keunggulan dari internet bisnis tersebut, tentu tidak ada salahnya untuk merogoh kocek lebih dalam demi dapatkan layanan tersebut, bukan?***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x