4 Langkah Aman Menggunakan ShopeePay

- 29 Desember 2020, 15:42 WIB
ShopeePay
ShopeePay /Adv/ShopeePay/



PRFMNEWS
 - Di era yang serba digital, transaksi jual beli pun berpindah dari konvensional menjadi pembayaran digital. Pada November 2020, perusahaan market research terkemuka di Indonesia, Ipsos, mengumumkan bahwa 44 persen masyarakat Indonesia lebih sering menggunakan pembayaran non-tunai/cashless payment

Namun sayang, tidak sedikit juga orang yang takut untuk menggunakan pembayaran digital ini karena dirasa tidak aman, ditambah lagi sudah banyak kasus penipuan yang marak terjadi. Berikut adalah beberapa tips dari ShopeePay, penyedia pembayaran digital mudah, aman, dan memuaskan agar pengguna merasa aman dan yakin dalam bertransaksi digital:

1. Jangan Berikan Kode OTP Sembarangan

Sering dengar cerita penipuan yang bermula dari pemberian kode OTP? Kode OTP atau One Time Password adalah kode yang didapatkan melalui SMS, WhatsApp, atau sarana pengiriman pesan lainnya yang terdiri dari 4-6 angka. Fun factnya, kode OTP bersifat rahasia dan hanya dapat digunakan satu kali dalam jangka waktu tertentu. Perlu diingat juga, bukan hanya kode OTP yang harus dirahasiakan pengguna, namun PIN dan password ShoppePay pun harus dijaga. Pihak Shopee atau ShopeePay tidak pernah meminta kode OTP untuk alasan apapun. 

Baca Juga: Soal KBM Tatap Muka, Pemkot Minta Masukan Para Pakar, Dewan Ingatkan Jangan Terburu Buru

Baca Juga: Waduh, Penambahan Kasus Positif Corona di Indonesia Lagi-lagi di Atas 7 Ribu

2. Pastikan Transaksi & Komunikasi dengan Penjual Berlangsung pada Aplikasi Shopee

Catatan bagi pengguna yang berbelanja online di aplikasi Shopee harus memastikan selalu terhubung dan bertransaksi hanya melalui aplikasi Shopee. Jika penjual memberikan tautan yang harus pengguna isi terlebih dahulu, atau bahkan meminta untuk bertransaksi di luar aplikasi Shopee, lebih baik batalkan transaksi tersebut. Penjual yang terpercaya tidak akan melakukan hal tersebut kepada pembeli bahkan menyarankan pengguna untuk memantau status pengiriman di aplikasi Shopee. Jika pengguna puas maka penjual pun akan mendapatkan rating dari pengguna yang dapat meningkatkan kredibilitas toko. Win-win solution bukan? Penjual semakin dipercaya, barang pembeli dapat sampai dengan aman.

3. Gunakan Kombinasi PIN ShopeePay yang kuat

Menggunakan kombinasi PIN yang sulit akan meminimalisir resiko pembobolan. Begitupun dengan password yang digunakan. Hindari penggunaan kombinasi PIN dengan tanggal lahir atau nomor telepon. Jika pengguna termasuk orang yang suka lupa, catatlah PIN di notes handphone. Namun, lebih baik mengaktifkan fitur rekognisi sidik jari atau wajah untuk memudahkan proses verifikasi tanpa memasukan kode PIN. Solusi ini sudah dapat diaktifkan sejak pengguna mengaktifkan ShopeePaynya. 

4. Hubungi Customer Service ShopeePay

Jika pengguna merasakan aktivitas yang mencurigakan dari penjual atau oknum yang tidak bertanggung jawab pada akun ShopeePay, mohon segera lapor ke customer service ShopeePay di 1500-702, sehingga tindakan tersebut dapat segera ditangani. Customer Service Shopee dapat dihubungi 7x24 jam atau pengguna dapat menghubungi tim melalui kanal komunikasi lain seperti Instagram, Twitter, dan E-mail.

Baca Juga: Polisi Sebut Video 19 Detik Gisel Direkam Tahun 2017

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x