Empat Manfaat Talas untuk Kesehatan Tubuh

- 6 Desember 2020, 18:00 WIB
ILUSTRASI Talas.*
ILUSTRASI Talas.* /PIXABAY/



PRFMNEWS - Talas adalah salah satu tanaman jenis umbi-umbian yang memiliki daun tanaman yang berukuran lebar.

Talas memiliki ciri daging buahnya yang berwarna putih dan salah satu pengolahannya ialah dengan cara dikukus dan disajikan saat hangat.

Atau kini talas dijadikan sebagai camilan berupa keripik yang tak kalah lezat. Bagi anda yang rutin mengonsumsi olahan talas berikut manfaat yang anda dapatkan

Mengontrol gula darah
Penyakit gula darah merupakan penyakit yang tak kalah menakutkan. Talas adalah tanaman bertepung yang memiliki 2 jenis karbohidrat yang sangat baik untuk mengontrol gula darah yaitu serat dan pati resisten.

Serat adalah karbohidrat yang sulit dicerna namun tidak berdampak pada gula darah.

Hal tersebut dapat membantu memperlambat pencernaan, penyerapan karbohidrat lain, dan mencegah kenaikan gula darah yang tinggi setelah makan.

Pati resisten terdapat 12% dalam talas yang merupakan salah satu pati yang sulit dicerna namun tak mempengaruhi kenaikan maupun penurun kadar gula darah. 

Mengurangi berat badan
seperti di paparkan diatas bahwa talas mengandung serat dan pati resisten yang sama sulit dicerna pada pencernaan. hal tersebut selain bisa mengontrol gula darah ternyata dapat membantu mengurangi berat badan.

Sebuah studi menemukan bahwa pria yang mengonsumsi suplemen yang mengandung 24 gram pati resisten sebelum makan memiliki kalori sekitar 6% lebih sedikit dan memiliki tingkat insulin yang lebih rendah setelah makan.

Baik untuk keseatan usus
masih berhubungan dengan serat dan pati resisten, saat serat dan pati resisten yang sulit dicerna dalam usus besar dapat menjadi makanan bagi mikroba yang ada di usus anda dan dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik.

Saat bakteri usus Anda memfermentasi serat-serat ini, mereka menciptakan asam lemak rantai pendek yang menyehatkan sel-sel yang melapisi usus Anda dan menjaganya tetap sehat dan kuat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x