Pemain Muda Jarang Dapat Menit Bermain, Legenda Persib : Coba Setiap Tim Tanpa Pemain Asing

- 5 Juli 2020, 07:06 WIB
Logo Garuda di Jersey Kandang Timnas.* Istimewa /

PRFMNEWS - Jelang piala dunia U-20 yang bakal digelar di Indonesia pada 2021 nanti, PSSI melemparkan wacana bahwa setiap klub di liga 1, wajib menurunkan pemain U-20. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan pelatih timnas meracik kerangka tim.

Legenda Persib Yudi Guntara menilai seharusnya penggunaan pemain muda ini diatur dalam sebuah regulasi khusus oleh PSSI. Sehingga tidak hanya memanfaatkan momentum Piala Dunia U-20 saja.

"Beri ketentuan atau regulasi di PSSI, misalnya tanpa pemain asing atau pemain asing setiap tim hanya 2 saja, sehingga pemain muda banyak kesempatan bermain. Akhirnya akan membentuk pemain timnas yang berkualitas dan jam terbang yang bagus seperti Vietnam," ujarnya saat on air di Radio PRFM, Sabtu (4/7/2020).

Baca Juga: Jelang Piala Dunia U-20 2021, Pemkab Bandung Berencana Tambah Lapangan Latihan di SJH

Yudi menambahkan, regenerasi pemain di Timnas Indonesia sudah jauh tertinggal dari negara-negara lain. Hal itu terbukti dari banyaknya tim yang masih bergantung pada servis pemain asing.

Baca Juga: APPI Dukung Wacana PSSI yang Wajibkan Setiap Klub Pakai Pemain U-20

"Pemain bagus itu mendapat pengalaman bermain di kompetisi. Saya ingin misalnya tanpa pemain asing. Contohnya begini, kalau ada pemain nasional U-20 berada di Persib, saya yakin pemain itu akan duduk di bangku cadangan," tuturnya.***

Editor: Rifki


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X