Jokowi Hadiri Sidang Tahunan MPR, Mengenakan Baju Adat Paksian dari Provinsi Bangka Belitung

- 16 Agustus 2022, 12:00 WIB
Inilah Filosofi dan Sejarah Baju Adat Paksian yang Dikenakan Presiden Jokowi Pada Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2022
Inilah Filosofi dan Sejarah Baju Adat Paksian yang Dikenakan Presiden Jokowi Pada Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2022 /

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana menghadiri acara Sidang Tahunan MPR RI bersama DPR RI dan DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2022.

Jokowi memakai baju adat Bangka Belitung yang dinamakan baju Paksian. Baju tersebut terdiri dari luaran lengan panjang dengan warna dasar hijau lumut dihiasi motif keemasan di pinggir baju dan lengan.

Kemudian untuk baju dalamannya dan celana panjang senada berwarna hijau. Terlihat juga ada selendang yang dikenakan melintang dengan warna senada baju luaran, celana dan baju dalaman.

Baca Juga: Ganda Putra Indonesia Targetkan Medali di Kejuaraan Dunia Badminton 2022

Lalu di bagian pinggang Jokowi, dililitkan kain cual yang merupakan kain tenun khas dari masyarakat Bangka Belitung. Sekilas kain cual ini mirip dengan kain songket dari Palembang. Untuk kepala, Jokowi mengenakan sungkon atau sorban berwarna keemasan.

Baju adat tersebut melambangkan kerukunan, warna hijau yang dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Sedangkan Ibu Negara Ibu Iriana mengenakan baju kebaya nasional berwarna merah jambu atau pink dengan kerudung dengan warna senada.

Baca Juga: Apa itu Asam Urat? Begini Penjelasan dr. Vania Utami

Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka peringatan Kemerdekaan HUT dan pidato Presiden dalam rangka penyampaian RUU tentang APBN tahun Anggaran 2022.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x