BPS Buka Data Kondisi Lansia di Jabar, Status Pendidikan hingga Jaminan Kesehatan 'Mengkhawatirkan'

- 9 November 2020, 18:59 WIB
LANSIA.*/DOK. PR
LANSIA.*/DOK. PR /

PRFMNEWS - Badan Pusat Statistik (BPS) membeberkan data terkait kondisi penduduk lanjut usia (lansia) di wilayah Jawa Barat (Jabar).

Dari data ini, diketahui bahwa kondisi lansia di Jawa Barat terbilang menghawatikan dan butuh penanganan segera dari semua pihak.

Kepala BPS Jawa Barat, Dyah Anugrah Kuswardani menuturkan, proporsi penduduk lansia, atau yang berumur 60 tahun ke atas pada tahun 2020 sudah mencapai lebih dari 10 persen.

Pada tahun 2020 ini, sekira 10,05 persen penduduk Jawa Barat merupakan penduduk berusia di atas 60 tahun. Dengan angka tersebut, BPS memperkirakan penduduk lansia di Jawa Barat akan mencapai 11,12 persen.

Baca Juga: Jumlah Lansia Terlantar di Jawa Barat Mencapai 569 Ribu Jiwa

Menurut Dyah, kalangan lansia di Jawa Barat, khususnya lansia perempuan, berada pada situasi menghawatirkan.

"Dengan demikian proporsi lansia, 6 dari 10 lansia di Jawa Barat masuk pada kelompok lansia muda, yakni lansia berumur 60 sampai 69 tahun," paparnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Senin 9 November 2020.

Dari kategori status pendidikan, lanjut Dyah, rata-rata lama bersekolah para lansia di Jawa Barat hanya mencapai 5,38 tahun. Artinya mayoritas lansia di Jawa Barat hanya bersekolah hingga kelas 3 hingga 4 SD. Dari data ini dapat diketahui, status pendidikan lansia perempuan di Jawa Barat lebih rendah dibandingkan laki-laki, yang sama-sama tidak sampai lulus SD.

Baca Juga: Waduh! Genangan di Jalan Rancamalang Margaasih Bandung Dipenuhi Sampah

"Lansia perempuan di Jawa Barat rata-rata sekolah hanya sampai di bawah SD (tidak lulus SD) . Mayoritas lansia perempuan di Jawa Barat, pendidikannya di bawah SMP, mencapai angka 90 persen. Sedangkan lansia laki-laki di Jawa Barat, yakni 83 persen," imbuh Dyah.

Sementara lansia laki tamatan SMP maupun SMA di Jawa Barat, hanya mencapai 17 persen. Sementara lansia perempuan tamatan SMP maupun SMA di Jawa Barat, hanya mencapai 8 persen.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x