Selama Libur Cuti Bersama, Truk Besar Diimbau Tidak Beroperasi

- 28 Oktober 2020, 18:17 WIB
Jajaran Satlantas Polres Cimahi memeriksa truk yang melintas di Gerbang Tol Baros, Kota Cimahi, Kamis (7/5/2020).**
Jajaran Satlantas Polres Cimahi memeriksa truk yang melintas di Gerbang Tol Baros, Kota Cimahi, Kamis (7/5/2020).** /BUDI SATRIA/PRFM

PRFMNEWS - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat kembali mengimbau para pemilik dan pengendara truk besar sumbu tiga, untuk sementara menepikan dahulu kendaraan mereka selama masa libur cuti bersama sejak tanggal 27 Oktober 2020 hingga 2 November 2020. Kebijakan ini sendiri sudah di tuangkan dalam Surat Edaran dari Kementerian Perhubungan RI.

Kepala Seksi Keselamatan dan Lalu lintas Dishub Jabar, Enjang Kurniawan mengatakan meski kebijakan tersebut tidak berimplikasi hukum bagi mereka yang melanggar. Namun, hal tersebut di lakukan guna mengurangi potensi kepadatan yang terjadi, saat masa libur panjang pekan ini.

“Sudah ada surat edaran dari Kementerian Perhubungan. Jadi kendaraan bersumbu tiga itu selain yang di kecualikan, sementara untuk tidak beroperasi terlebih dulu. Yang di kecualikan itu truk sembako, bbm, dan sejenisnya,” jelas Enjang di temui di Terminal Tipe B Singaparna, Rabu 28 Oktober 2020.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions Dini Hari Nanti, Cocok Anda Saksikan untuk Isi Libur Panjang

Karena surat edaran tersebut berupa imbauan, Enjang mengatakan, anggotanya bersama pihak Kepolisian yang bertugas di lapangan nantinya tidak akan melakukan tindakan sanksi, melainkan hanya mengarahkan truk yang masih beroperasi, untuk menepi.

Cara bertindak tersebut berlaku di ruas tol, jalan nasional, dan jalan Provinsi, dengan mengarahkan mereka menuju kantong parkir.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, jika seandainya terjadi kemacetan di tol, jalan nasional, atau jalan Provinsi, truk itu kita arahkan untuk menepi di kantong-kantong parkir yang tersedia,” jelas Enjang.

Baca Juga: Kameramen Hingga Editor Video Bakal Dipanggil Polisi Terkait Dugaan Ujaran Kebencian Gus Nur

Untuk jalan Nasional dan Provinsi yang mengarah ke lokasi wisata, Enjang menuturkan, ruas jalan tersebut menjadi prioritas pengamanan dan pengaturan lalulintas.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x