Situ Bagendit Dipercantik, Bupati Garut: Ini Merupakan Kebahagiaan Warga Garut

- 27 Oktober 2020, 11:07 WIB
Bupati Garut Rudy Gunawan.
Bupati Garut Rudy Gunawan. /Instagram @pemkab_garut.

PRFMNEWS - Pemerintah Kabupaten Garut akan mendukung penuh revitalisasi atau penataan kawasan wisata Situ Bagendit yang akan dimulai pada 1 November 2020.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengakui, penataan Situ Bagendit menjadi kebahagiaan bagi seluruh warga Garut.

"Tentunya bagi warga Garut ini merupakan kebahagiaan karena salah satu aset yang legendaris yaitu Situ Bagendit (akan) menjadi pariwisata unggulan berkelas dunia berkat komunikasi yang baik antara Gubernur Jabar dan Presiden RI Joko Widodo," ujar Rudy, Senin 26 Oktober 2020.

Baca Juga: Akhirnya! Revitalisasi Situ Bagendit Dimulai 1 November 2020, Anggarannya Rp81 Miliar

Pemkab Garut dikatakannya sudah membebaskan lahan seluas 2,4 hektare dengan menggunakan anggaran perubahan tahun 2020 untuk mendukung proses revitalisasi Situ Bagendit.

Selain itu, di anggaran murni tahun 2021,  Pemkab Garut akan kembali membebaskan lahan seluas 5 hektare sesuai arahan Kementerian PUPR.

"Dana di anggaran perubahan tahun 2020 sudah ada dan di anggaran 2021 juga sudah ditandatangani KUA-PPAS dengan DPRD Garut," ungkapnya.
Seperti diketahui, nilai kontrak penataan kawasan Situ Bagendit yakni sebesar Rp81.172.754.000 dengan lingkup pengerjaan antara lain, pembangunan pintu masuk dan area parkir, area plaza, dermaga wisata, amfiteater, pujasera, masjid, serta bangunan penunjang lainnya.

Total lahan yang dibutuhkan pada penataan tahap pertama seluas 3,5 hektare, pedestrian dengan panjang 6,7 kilometer, dan pembangunan Pulau Nusa Kelapa seluas 2,3 hektare. Sementara jangka waktu yang ditetapkan dalam kontrak tersebut yaitu selama 435 hari atau kurang lebih 14 bulan dengan batas akhir pengerjaan pada 31 Desember 2021.***

 

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Humas Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x