Penyebab Sumedang Masuk Jajaran 5 Kota Terpanas di Asia Tenggara pada Pertengahan 2024

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Rian Firmansyah
Menara Kujang Sepasang di Jatigede, Kabupaten Sumedang. Intip 5 tempat wisata hits dan Instagramable di Sumedang yang bisa dikunjungi saat libur.
Menara Kujang Sepasang di Jatigede, Kabupaten Sumedang. Intip 5 tempat wisata hits dan Instagramable di Sumedang yang bisa dikunjungi saat libur. /Pemkab Sumedang

BANDUNG, PRFMNEWS – Lima kota di Asia Tenggara masuk daftar daerah memiliki suhu paling panas pada periode pertengahan tahun 2024, tepatnya bulan Juni hingga Agustus.

Dari lima kota terpanas di Asia Tenggara, empat di antaranya berada di wilayah Indonesia. Sumedang, Jawa Barat, masuk daftar empat kota di Indonesia dengan suhu tertinggi periode Juni-Agustus 2024.

Data tersebut berdasarkan hasil analisis Climate Central yang menyebutkan empat kota di Indonesia dengan suhu terpanas di Asia Tenggara yakni Sumedang, Makassar, Bandar Lampung, dan Palembang.

Baca Juga: Kominfo Tindaklanjuti Dugaan Kebocoran Data NPWP Ditjen Pajak

Penyebab paparan suhu lebih panas melanda Sumedang, Makassar, Bandar Lampung, dan Palembang, akibat dampak perubahan iklim dipicu pembakaran bahan bakar fosil yang tidak berhenti dari berbagai sumber antara lain minyak, gas, dan batubara.

Hal itu juga terjadi pada kota kelima di Asia Tenggara yang memiliki suhu tertinggi selama periode tiga bulan tersebut, yakni Davao di Filipina.

Selama Juni-Agustus 2024, laporan dari situs resmi lembaga nirlaba tersebut mencatat Kota Makassar mengalami 88 hari panas dan Sumedang 83 hari.

Kemudian Palembang dan Bandar Lampung masing-masing mengalami 81 hari panas, serta Davao yang mengalami 83 hari panas.

Baca Juga: Link Live Streaming PSBS Biak vs Persebaya Surabaya di Siaran Langsung Liga 1 Hari Ini

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub