Sumedang dan 3 Kota Lain di Indonesia Masuk Daftar Kota Terpanas se-Asia Tenggara

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Ilustrasi kota terpanas di Indonesia.
Ilustrasi kota terpanas di Indonesia. /PRFM Pikiran Rakyat

PRFMNEWS – Sumedang, Jawa Barat, masuk daftar empat kota di Indonesia dengan suhu tertinggi atau paling panas di Asia Tenggara untuk periode Juni hingga Agustus 2024.

Data tersebut berdasarkan hasil analisis Climate Central yang menyebutkan empat kota di Indonesia dengan suhu terpanas di Asia Tenggara adalah Makassar, Sumedang, Bandar Lampung, dan Palembang.

Selama Juni-Agustus 2024, Kota Makassar mengalami 88 hari panas, Sumedang 83 hari, kemudian Palembang dan Bandar Lampung masing-masing mengalami 81 hari panas.

Baca Juga: Korban Gempa di Bandung yang Rumahnya Hancur Diberikan Bantuan Biaya Sewa Tempat Tinggal

Laporan dari situs resmi Lembaga nirlaba tersebut memperlihatkan Makassar, Sumedang, Bandar Lampung, dan Palembang masuk daftar lima kota di Asia Tenggara yang mengalami suhu tertinggi selama tiga bulan tersebut.

Kota kelima adalah Davao di Filipina yang mengalami 83 hari panas.

Penyebab paparan suhu panas tersebut diakibatkan oleh dampak perubahan iklim yang dipicu pembakaran bahan bakar fosil yang tidak berhenti dari Berbagai sumber antara lain minyak, gas, dan batubara.

Baca Juga: 4 Tips Mudah Mendidik Anak Agar Semangat Belajar

Selama Juni-Agustus 2024 diperkirakan 2 miliar orang di seluruh dunia terpapar suhu panas yang berisiko untuk kesehatan. Rata-rata, setiap orang mengalami tambahan 17 hari "panas berisiko" akibat perubahan iklim.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub