Diresmikan Jokowi, Bendungan Baru di Jabar Senilai Rp3,5 Triliun Kini Jadi Tempat Wisata Dadakan

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Tampak Bendungan Leuwikeris
Tampak Bendungan Leuwikeris // Youtube/Sekretariat Presiden

PRFMNEWS – Bendungan baru berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (Jabar), kini mendadak jadi tempat wisata oleh masyarakat berkat pemandangan sekitar yang cantik nan hijau.

Namanya Bendungan Leuwikeris. “Leuwi” berarti lubuk, atau bagian sungai yang lebih dalam, sementara “Keris” adalah senjata tradisional. Bendungan ini merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN) Bidang Sumber Daya Air yang tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020.

Kementerian PUPR membangun Bendungan Leuwikeris mulai tahun 2016 dan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 29 Agustus 2024. Peresmian yang juga didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ini dilakukan bersama siswa/siswi SD dan SMP dari Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Jokowi Akan Berikan Bantuan Rp10 Juta Bagi Warga yang Share Video FB Sebanyak Mungkin?

Usai diresmikan Presiden Jokowi, Bendungan Leuwikeris menjadi tempat wisata dadakan sehingga memberikan berkah bagi para pedagang keliling. Seperti pedagang cilok, cendol, pedagang minuman dingin, dan makanan lainnya.

Penampakan Bendungan Leuwikeris di Cineam Kabupaten Tasikmalaya
Penampakan Bendungan Leuwikeris di Cineam Kabupaten Tasikmalaya

Bendungan Leuwikeris merupakan bendungan ke-45 yang diresmikan Presiden Jokowi dari 61 bendungan yang dibangun selama periode 2015-2024.

Menteri PUPR mengatakan pembangunan bendungan bertujuan untuk peningkatan volume tampungan air sehingga suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, penyediaan air baku, dan pengendalian banjir.

Baca Juga: 1.244 Rumah di Garut Terdampak Gempa, Penanganan Darurat Terus Berjalan

Halaman:

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub