Megathrust Mengancam! Pemkab Garut Instruksikan Camat Tingkatkan Kesiapsiagaan

Penulis: Rian Firmansyah
Editor: Tim PRFM News
Tempat wisata pantai Garut Selatan pada H+3 masih sepi dari pengunjung berbeda dengan tahun sebelumnya.
Tempat wisata pantai Garut Selatan pada H+3 masih sepi dari pengunjung berbeda dengan tahun sebelumnya. /Robi Taufiq Akbar/Prianganinsider.com/

BANDUNG, PRFMNEWS - Daerah pesisir pantai wilayah selatan Garut menjadi salah satu kawasan yang berada di zona megathrust. Pesisir pantai ini meliputi Kecamatan Bungbulang, Caringin, Cibalong, Cikelet, Mekarmukti, Pakenjeng, Kecamatan Pameungpeuk.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut pun mengambil langkah dalam rangka kesiapsiagaan di zona megathrust. Langkah dimaksud dituangkan dalam surat yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, Senin 2 September 2024.

Langkah ini merupakan tindak lanjut dari informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang mengingatkan kesiapsiagaan wilayah-wilayah di Zona Megathrust Indonesia, yang berpotensi dilanda gempa besar dan tsunami.

Baca Juga: Pemkot Bandung Rekrut 4.700 Tenaga Kerja Padat Karya di 86 Lokasi, Bertugas 4 Jam Per Hari

Surat tersebut juga merujuk pada Surat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor: B-399/BNPB/D-II/BP.03.03/08/2024 tertanggal 23 Agustus 2024.

Melalui surat itu Nurdin Yana mengimbau para camat untuk mengambil langkah-langkah kesiapsiagaan guna mengurangi risiko bencana gempa bumi dan tsunami.

Selain melakukan pengecekan kembali kesiapan alat-alat peringatan dini, sistem komunikasi kebencanaan, dan memastikan jalur evakuasi, serta lapangan/bangunan Tempat Evakuasi Sementara/Akhir (TES/TEA), para camat diinstruksikan untuk menyosialisasikan, mengedukasi serta meningkatkan literasi kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman risiko gempa bumi dan tsunami. Meski demikian masyarakat diminta agar tetap tenang namun tetap waspada, serta mengikuti informasi resmi dari BMKG.

Baca Juga: PSKC Cimahi Tetap Punya Mimpi Berkandang di Stadion Sangkuriang

Dalam rangka kesiapsiagaan, para camat diminta untuk mengidentifikasi kebutuhan dan ketersediaan sumber daya yang ada di wilayahnya masing-masing, mulai dari sumber daya manusia, sumber mata air, peralatan, logistik, dan lain-lainnya.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub