Ramai Dugaan 18 Paskibraka Putri Tak Boleh Pakai Jilbab Saat Tugas di IKN, Respons PKS Sangat Tegas

Editor: Rifki Abdul Fahmi
Tim Purna Paskibraka 2023 yang membawa duplikat bendera pusaka Merah Putih dan salinan naskah teks proklamasi tiba di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (10/8/2024). ANTARA/Fauzan
Tim Purna Paskibraka 2023 yang membawa duplikat bendera pusaka Merah Putih dan salinan naskah teks proklamasi tiba di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (10/8/2024). ANTARA/Fauzan /

PRFMNEWS - Ketua DPP PKS Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK), Kurniasih Mufidayati mengungkapkan keprihatinannya terkait dugaan pelepasan jilbab yang dialami oleh 18 anggota Paskibraka putri yang bertugas di Ibu Kota Nusantara (IKN).

PKS menilai 18 anggota paskibraka putri yang dikabarkan diminta melepas jilbab saat bertugas di IKN adalah bentuk pelanggaran.

Diketahui dalam prosesi pengukuhan Paskibraka nasional, tak satu pun dari anggota Paskibraka putri yang mengenakan jilbab.

Padahal kenyataannya 18 anggota dari beberapa provinsi termasuk Aceh diketahui menggunakan jilbab.

Baca Juga: Kisah Kayla Nur Syifa Siswi SMAN 1 Sukabumi yang Meninggal saat Ikut Seleksi Paskibra di Sukabumi

Mengutip dari laman pks.id, Kurniasih menilai bahwa situasi ini bertentangan dengan semangat Muslimah di Indonesia yang kini semakin berani menutup aurat tanpa mengorbankan prestasi mereka.

Menurutnya penggunaan jilbab bukanlah hambatan bagi perempuan Muslim untuk berkarya dan berprestasi di berbagai bidang, termasuk dalam kegiatan kenegaraan seperti menjadi anggota Paskibraka.

Kurniasih menegaskan bahwa dugaan pelepasan jilbab bagi anggota Paskibraka putri tahun ini merupakan langkah mundur yang tidak sejalan dengan perkembangan positif yang telah dicapai oleh Muslimah berhijab di tanah air.

"Untuk menerapkan ajaran agama, sudah banyak ide kreatif dikembangkan dalam berhijab. Ini malah kemunduran namanya jika ada pelarangan berjilbab di Paskibraka. Padahal tahun-tahun sebelumnya, Paskibraka berhijab tidak jadi soal, bahkan pernah ada Paskibraka berhijab yang membawa baki bendera pusaka," ujar Kurniasih dalam keterangannya hari ini.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub