Lewat Inovasi Ekosistem Data Jabar, Diskominfo Jabar Ingin Wujudkan Transparansi Layanan Publik

Penulis: TIM PRFM
Editor: Asep Yusuf Anshori
Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah saat menjadi panelis dalam sesi Seminar Nasional Restrospektif Digitalisasi Pemerintahan (2003 - 2024) di Jakarta Convention Center, Rabu 31 Juli 2024.
Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah saat menjadi panelis dalam sesi Seminar Nasional Restrospektif Digitalisasi Pemerintahan (2003 - 2024) di Jakarta Convention Center, Rabu 31 Juli 2024. /Diskominfo Jabar

BANDUNG, PRFMNEWS - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah memaparkan inovasi berbasis data melalui dashboard pimpinan dan publik di Jabar pada seminar dalam rangkaian Digital Transformation Indonesia Conference & Expo 2024 yang merupakan "event" terbesar transformasi digital di Indonesia.

Ika memandang data dalam dashboard pimpinan dapat digunakan untuk memantau berbagai indikator makro secara "real time".

Hal itu disampikan Ika saat menjadi panelis dalam sesi Seminar Nasional Restrospektif Digitalisasi Pemerintahan (2003 - 2024) di Jakarta Convention Center, Rabu 31 Juli 2024.

Baca Juga: Pembangunan BRT Bandung Raya Dimulai 2025, Nasib Sopir Angkot di Kota Bandung Akan Seperti Ini

"Data di Jawa Barat diolah, diverifikasi, distandardisasi dan divisualisasikan agar data dapat ditarik kapan saja secara "real time" setiap dibutuhkan pimpinan sebagai dasar dalam mengambil keputusan," jelas Ika.

data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-3987315829323386" data-ad-slot="3988009566">

Pemda Provinsi Jabar telah menggagas Ekosistem Data Jabar yang merupakan portal terintegrasi untuk pengelolaan, keterbukaan, dan kemudahan akses data bagi warga dan Pemdaprov Jabar sejak 2021 lalu.

Ekosistem Data Jabar terdiri dari berbagai macam produk, yakni Dashboard Jabar, Open Data Jabar, Satu Data Jabar, dan Satu Peta Jabar.

Baca Juga: Pemilihan Bupati Bandung, Pasangan Sahrul Gunawan dan Gun Gun Gunawan Resmi Diusung oleh Partai Golkar

Ika juga menegaskan komitmen Jabar dalam melakukan simplifikasi dan integrasi data untuk kemudahan berbagai pelayanan.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub