Pangkas Waktu 1,5 Jam, Tol Cigatas Rute Bandung-Garut Siap Dibangun Atasi Macet Limbangan-Malangbong

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Ilustrasi proses pembangunan bangun Tol Cigatas. / Instagram @pupr_bpjt
Ilustrasi proses pembangunan bangun Tol Cigatas. / Instagram @pupr_bpjt /

PRFMNEWS – Update rencana pembangunan Jalan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya) disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Garut Barnas Adjidin. Bupati Barnas mengatakan pembangunan Tol Cigatas seksi Bandung-Garut akan dimulai pada tahun 2024 ini.

Barnas mengungkapkan tahapan pembebasan lahan sebagai lokasi pembangunan Tol Cigatas rute Bandung-Garut sudah selesai dilakukan. Maka tahap selanjutnya, ujar dia, adalah proses pengerjaan fisik jalan tol tersebut.

Kehadiran Tol Cigatas atau disebut juga proyek Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) segmen Bandung-Garut ini diyakini akan menjadi solusi masalah kemacetan di jalur Limbangan-Malangbong dan jalur Kadungora, Leles, Tarogong, sehingga mampu memangkas waktu tempuh perjalanan.

Baca Juga: Ada 2 Exit Tol di Garut, Tol Cigatas Seksi Bandung-Garut Akan Dibangun di 2024, Kapan Rampung?

Untuk itu, Barnas berharap proses pekerjaan pembangunan fisik Tol Getaci untuk menghubungkan wilayah Bandung dan Garut bisa segera dimulai pada tahun 2024 dan di 2025 pembangunan ruas jalan tol tersebut sudah rampung dikerjakan.

"Bahwa jalan tol untuk pembebasan (tanah) katanya sampai Garut sudah selesai, artinya pembangunan bisa dilakukan," ujar Barnas di Garut, Selasa 9 Juli 2024, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

"Jalan tol ini pokoknya 2024 sudah mulai dibangun, ingin 2025 tahapan sampai Garut itu sudah selesai, dan dua ruas pintu gerbang. Harapan kami begitu, mudah-mudahan tidak meleset, jadi dua tahun pembangunan," imbuhnya.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Tol Cigatas Rampung dan Siap Dibangun, Bandung-Garut Cuma 30 Menit Segera Terwujud

Kehadiran Tol Cigatas, ucap Barnas, akan memudahkan masyarakat untuk melakukan perjalanan dari Garut ke Bandung maupun rute sebaliknya dengan waktu tempuh sekira 32 menit, dibandingkan dengan jalan umumnya kurang lebih dua jam.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub