Inginkan Suguhan Tayangan Berkualitas, Publik Berharap Banyak Kepada Pengurus Baru KPID Jabar

- 30 September 2020, 22:09 WIB
Komisi I DPRD Jabar Berhasil Memilih 7 Calon Anggota Komisioner KPID Jabar
Komisi I DPRD Jabar Berhasil Memilih 7 Calon Anggota Komisioner KPID Jabar /Dok DPRD Jabar.

PRFMNEWS - Publik penyiaran mendukung keputusan Komisi I DPRD Jawa Barat yang memilih 7 orang pengurus baru Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Barat (KPID Jabar). Sekaligus berharap banyak kepada jajaran pengurus KPID Jabar terpilih untuk periode 2020-2023.

Seperti diketahui, Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat mengumumkan hasil tahapan fit and proper test calon Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Barat, Rabu 30 September 2020. 

Sebanyak 7 orang calon Komisioner KPID Jabar telah berhasil lolos dalam tahapan tersebut. Nantinya, ke-7 orang ini akan langsung diajukan kepada Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil, untuk selanjutnya dilantik menjadi komisioner KPID Jawa Barat periode 2020-2023.

Baca Juga: DPRD Tetapkan 7 Calon Komisioner KPID Jabar Periode 2020-2023

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Stikom Bandung, Nursyawal mengatakan, harapan tersebut makin membesar terutama di saat wabah covid-19 saat ini. Pasalnya, warga Jabar saat ini tidak memiliki akses terhadap informasi yang dibutuhkan berdasarkan keadaan masing-masing warga di lembaga penyiaran yang melayani wilayah siaran se-Jawa Barat.

“Bahkan sebaliknya, warga Jawa Barat saat ini lebih banyak disuguhi tayangan televisi dari Jakarta yang isinya tentang kehidupan segelintir artis yang pamer kekayaan dan gaya hidup snob,” kata dia dalam keterangan pers yang diterima PRFM, Rabu (30/9/2020).

Di samping itu, ia pun berharap pengurus baru KPID Jabar dapat kembali menegakkan daulat publik Jawa Barat atas penyiaran dan tidak tunduk kepada kuasa Pusat yang Jakarta sentris. Menurutnya, warga Jabar berhak atas informasi yang sesuai dengan budayanya.

Baca Juga: Sumber Karbohidrat Selain Nasi, Berikut Pilihan Olahan Kentang yang Cocok Bagi Anda

“Warga Jawa Barat berhak atas informasi yang sesuai dengan budaya dan kearifan lokalnya. Untuk itu KPID Jabar harus berani menegakkan aturan penyiaran sesuai Undang-undang dan Peraturan KPI sendiri demi demokratisasi penyiaran,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x