FMPP Desak Pemprov Jabar Tindak Tegas Sekolah yang Menahan Ijazah Siswa

- 30 September 2020, 14:07 WIB
Iustrasi pendidikan.
Iustrasi pendidikan. /Dok. Pikiran-rakyat.com

PRFMNEWS - Ketua Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP), Illa Setiawati menyampaikan, pihaknya merima banyak pengaduan masyarakat mengenai kasus penahanan ijazah oleh sekolah.

Menurut Illa, kasus penahanan ijazah tersebar di Jawa Barat, tidak hanya di sekolah swasta, tapi juga di sekolah negeri.

Dia pun mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menindak tegas sekolah-sekolah yang menahan ijazah siswa.

"Saya ingin Pemprov Jabar bertindak tegas, kalau perlu lakukan sidak ke sekolah agar tidak terus terjadi penahanan ijazah ini," katanya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Rabu 30 September 2020.

Baca Juga: Merchant Baru ShopeePay Minggu ini Penuh dengan Fesyen dan Makanan Lezat

Dia mengatakan, pihaknya sudah mengantongi nama-nama sekolah yang menahan ijazah siswanya, pihaknya pun beberapa kali melakukan advokasi agar sekolah memberikan ijazah yang menjadi hak peserta didik.

"Kita sudah berupaya untuk membantu advokasi satu-satu ke tiap sekolah, tapi kan tidak mungkin kita selesaikan permasalahan ini langsung ke tiap sekolah. Mau kapan beresnya, kalau tidak disikapi dan ditindak oleh Pemprov," katanya.

Dia mengatakan, sebagian besar penyebab masih adanya sekolah yang menahan ijazah kelulusan perserta didiknya adalah karena masalah administrasi.

Baca Juga: Menaker Sebut Penyaluran Bantuan Subsidi Gaji Rp600 Ribu Berjalan Baik

Sekolah menahan ijazah siswa, karena siswa masih memiliki tunggakan.

"Saya menyayangkan, mereka tidak mendapat hak (mendapatkan ijazah) dikarenakan masih harus melunasi sisa tunggakan," katanya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x