Gugus Tugas Sebut Klaster Industri Muncul Karena Diduga Karyawan Tak Disiplin Saat Berkegiatan Lain

- 29 September 2020, 10:00 WIB
Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid19 Jabar Daud Achmad.*
Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid19 Jabar Daud Achmad.* /HUMAS JABAR

PRFMNEWS - Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, Daud Achmad mengatakan, hampir semua industri di Kabupaten Karawang telah menerapkan protokol kesehatan ketat selama operasional pabrik. Namun demikian, karyawan atau buruh belum tentu disiplin menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah dan di luar pabrik.

Achmad menjelaskan, hal inilah yang menjadi sorotan terkait adanya klaster industri di Karawang. Pasalnya, saat selesai jam kerja atau dalam perjalanan setiap karyawan pasti memiliki kontak dengan orang banyak.

"Industri itu sudah ketat kalau saya lihat dalam menerapkan protokol kesehatan. Hanya itu keluar masuk industri itu. Mereka kan (buruh/karyawan) bekerja dari jam 6 pagi sampai jam 4 atau 5 sore, dari jam 5 sore sampai jam 6 pagi selanjutnya kan tidak terkontrol," jelas Achmad saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa 29 September 2020.

Baca Juga: Tak Ingin Ada Klaster Pilkada, Presiden Perintahkan Kapolri Tindak Pelanggar Protokol Kesehatan

Sebagaimana diketahui, pada minggu lalu Kabupaten Karawang masuk dalam zona merah penyebaran covid-19 karena ditemukannya beberapa klaster industri. Namun kini setiap industri telah menanganinya dan mengarantina para pegawainya yang positif covid-19.

Untuk memudahkan pelacakan, setiap karyawan industri kini memiliki kewajiban untuk menulis jurnal kegiatan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pelacakan kontak erat.

Baca Juga: Eko Maung Nilai Potensi Penularan Covid-19 Bukan Hanya di Lapangan, Tapi Juga di Lingkungan Suporter

"Pak gubernur minta untuk dicoba diwajibkan setiap karyawan itu menulis jurnal kemana saja mereka selama di luar rumah untuk memudahkan pelacakan," jelasnya.

Selain klaster industri, Gugus Tugas pun menyoroti klaste pesantren. Menurut Daud di Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Kuningan ditemukan sebuah klaste covid-19 di sebuah pesantren.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x