Pemprov Jabar Lakukan Penyesuaian Program 8 Juta Masker Kain dari UMKM

- 21 September 2020, 22:54 WIB
Ilustrasi masker kain dan masker scuba.*
Ilustrasi masker kain dan masker scuba.* /PRFM



PRFMNEWS
– Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil bakal melakukan penyesuaian terhadap program penyerapan masker 8 juta dari UMKM.

Hal ini, dilakukan seiring beredarnya kabar terkait masker scuba dan buff dinilai tak efektif menangkal virus corona (Covid-19).

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jabar Kusmana Hartadji mengatakan, pihaknya telah telah mengirim surat perintah kepada 400 pelaku UMKM yang terlibat dalam program 8 juta masker kain.

Baca Juga: Umuh Muchtar Beberkan Regulasi Lanjutan Liga 1, Klub Dianggap Kalah Jika Suporter Datang ke Stadion

“Terkait sekarang adanya kabar larangan masker scuba, kami sudah berikan surat kepada para UMKM yang kami libatkan untuk membuat masker kain yang sesuai standar. Sudah sejak 5 September 2020 kemarin kami beri tahu ada sudah ada beberapa UMKM yang mulai produksi,” ujarnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Senin 21 September 2020.

Saat ini, lanjut Kusmana, diberlakukan pembagian tugas bagi para UMKM yang terlibat program 8 juta masker kain. Pembagian tersebut yakni sebanyak 35 persen dari total peserta UMKM memproduksi masker kain berbahan katun sementara 65 persen memproduksi masker scuba.

“Nanti jika semua UMKM yang selesai produksi dari diberikan ke kami, maka kami akan berkonsultasi dengan pihak-pihak terkait sebelum melakukan distribusi,” tambahnya.

Baca Juga: Tersisa Satu Kecamatan Tanpa Kasus Corona di Kabupaten Bandung

Seperti diketahui, Pemprov Jabar tengah mencanangkan pembelian 8 juta masker dari pelaku UMKM di Jabar untuk mendongkrak perekonomian di tengah pandemi virus corona sejak pertengahan 2020 ini. Pembelian masker tersebut merupakan pembelian tahap kedua masker yang kini sedang berjalan.

“Sebanyak 400 UMKM sudah terjaring untuk sama-sama membuat masker kain dalam tahap kedua ini. Dalam tahap pertama, sebanyak 2 juta masker kain sudah berhasil dibuat dan telah didistribusikan,” pungkas Kusmana.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x