Pemprov Jabar Bagikan Mobil MASKARA ke 270 Desa Mandiri

- 12 September 2020, 12:02 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menyerahkan tiga unit mobil Maskara di lapangan Kalipucang Kab Pangandaran, Minggu, 1 Desember 2019.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menyerahkan tiga unit mobil Maskara di lapangan Kalipucang Kab Pangandaran, Minggu, 1 Desember 2019. /AGUS KUSNADI/PR/

 

PRFMNEWS - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberi bantuan berupa Mobil Aspiasi Kampung Juara atau MASKARA kepada 270 desa. Kendaraan multifungsi tersebut akan digunakan untuk kegiatan penunjang kegiatan yang dilakukan desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono mengatakan pemberian bantuan mobil MASKARA ini dikarenakan ke 270 desa tersebtu berhasil menaikan status desa mereka menjadi mandiri.

"Ini sebagai reward kepada desa berprestasi," ungkapnya saat on air di Radio PRFM, Sabtu 12 September 2020.

Baca Juga: Gagal Daftar Kartu Prakerja 3 Kali? Coba Lakukan Hal Ini, Cukup Kirim Email

Bambang meneangkan mobil MASKARA ini bisa digunaka aparat desa untuk memberikan program sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Sebagai contoh adalah sosialisasi wajib pajak.

"Ada beberapa desa yang kerjasama dengan bapenda untuk menarik pajak," jelasnya.

Lebih lanjur Bambang menambahkan, dari 5.312 desa yang tersebar di 18 kabupaten/kota sudah tidak ada desa di Jabar berstatus sangat tertinggal. Sedangkan, jumlah desa berstatus tertinggal dan berkembang terus menurun.

Baca Juga: Naik Lagi, Ini Update Harga Emas Logam Mulia Terbaru Hari Ini, Sabtu 12 September 2020

"Setiap tahunnya kita dilakukan evaluasi tentang kemandirian. Langkah yang kita lakukan secara stimultan. Kita punya pendamping desa, penyuluh pertanian, koperasi, teknologi informasi. Dan pemprov juga membentuk patriot desa," pungkasnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x