Kementerian PUPR Targetkan Akses Tol Menuju BIJB Kertajati Selesai pada 2021

- 7 September 2020, 20:22 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. /ANTARA/Dokumentasi Kementerian PUPR.



PRFMNEWS
- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan konektivitas Jalan Tol Cipali dan Jalan Tol Cisumdawu selesai pada akhir 2021. Program kerja ini digenjot untuk mendukung akses jalan tol bagi Bandaran Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan akses jalan tol untuk BIJB Kertajati dari Tol Cipali selama satu tahun ke depan bersamaan target rampung Jalan Tol Cisumdawu pada akhir 2021.

Dengan konektivitas dua jalan tol tersebut, Basuki optimis pengembangan kawasan Kertajati bisa bisa meningkat lebih cepat.

Baca Juga: Ratusan Pegawai Positif Covid-19, Pemkot Bandung Pilih WFH Ketimbang Tutup Kantor

"Dengan rampungnya Jalan Tol Cisumdawu nanti dan tersambung dengan ruas Tol Akses Bandara Kertajati, maka akan mengurangi waktu tempuh dari Bandung sekitar tiga jam menjadi satu jam," ujar Menteri Basuki seperti dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Senin 7 September 2020.

Dengan demikian melalui konektivitas akses jalan tol ini maka operasional bandara akan semakin meningkat dan kompetitif, sehingga diharapkan Bandara Kertajati bisa menggantikan Bandara Husein Sastranegara di Bandung.

Kementerian PUPR terus melanjutkan pembangunan infrastruktur, termasuk yang menghubungkan ruas jalan tol dengan kawasan-kawasan produktif dan pusat pertumbuhan sesuai visi pembangunan lima tahun ke depan (2020-2024) Presiden Joko Widodo.

Salah satunya adalah dengan dimulainya pembangunan akses jalan tol untuk BIJB Kertajati.

Pembangunan ruas tol ini merupakan penambahan lingkup Jalan Tol Cipali. Jalan tol dengan panjang 3,7 km tersebut akan dibangun tambahan ramp sekitar 3,35 km yang akan menghubungkan bandara dengan Jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) dan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Baca Juga: Hingga 7 September, Positif Covid-19 di Indonesia Mencapai 196.989 Kasus

Sementara itu, CEO Astra Infra Djap Tet Fa mengatakan jalan tol akses menuju BIJB Kertajati terkoneksi dengan Jalan Tol Cipali yang dimulai dari Km 158+700 dengan lebar lajur 3,6 meter yang memiliki jumlah empat lajur untuk dua arah.

Konstruksi ruas tol ini akan dibangun selama 12 bulan dengan nilai proyek sebesar Rp692 miliar.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x