Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi, Dinsos Jabar Maksimalkan Program KUBE

- 22 Agustus 2020, 13:56 WIB
Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat mengadakan Webinar Seri ke dua bertemakan : Revitalisasi KUBE Fakir Miskin, Harapan dan Optimisme Pemulihan Ekonomi Masyarakat, yang dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2020 bertepatan dengan hari jadi Provinsi Jawa Barat ke-75.
Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat mengadakan Webinar Seri ke dua bertemakan : Revitalisasi KUBE Fakir Miskin, Harapan dan Optimisme Pemulihan Ekonomi Masyarakat, yang dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2020 bertepatan dengan hari jadi Provinsi Jawa Barat ke-75. /Dok Dinsos Jabar.



PRFMNEWS – Dinas Sosial Jawa Barat (Dinsos Jabar) memaksimalkan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat miskin di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Dinsos Jabar, Dodo Suhendar menjelaskan, KUBE merupakan program Kementerian Sosial (Kemensos) yang memiliki fokus pemberdayaan keluarga miskin.

Melalui KUBE, kepala keluarga (KK) miskin yang telah memiliki kegiatan usaha, bakal mendapatkan suntikan dana dari Kemensos melalui Dinsos Kota/kabupaten setempat.

Baca Juga: Cerita Umuh Muchtar Saat Proses Naturalisasi Sergio van Dijk: Sosok Ibunda Jadi Figur Penting

“Dengan KUBE ini diharapkan agar keluarga miskin punya kesempatan punya usaha serta mendapatkan pendapatan. Ketika sudah memiliki pendapatan, mereka bisa mandiri dan bansos bisa dialihkan kepada warga miskin lainnya,” ujar Dodo saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Sabtu 22 Agustus 2020.

Lebih lanjut, mekanisme penyaluran dana bantuan KUBE dilakukan hanya untuk KK miskin yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Setelah tervalidasi memiliki kegiatan usaha, sebanyak 10 KK miskin diijadikan satu kelompok untuk memiliki nomor rekening bersama.

“Dalam KUBE itu terdiri dari 10 kelompok KK yang akan mendapatkan bantuan sebesar Rp30 juta. Jadi tiap KK mendapatkan rata-rata Rp3 juta,” kata Dodo.
Sejak dimulai pada 2015 silam, program KUBE telah menyalurkan dana terhadap lebih dari 1.800 KK miskin di wilayah Jabar.

“Saat ini di Jabar, dari tahun 2015 sampai akhir 2019 kemarin, jumlah penerima manfaat KUBE ini cukup banyak, yakni sampai lebih dari 1.830 keluarga miskin. KUBE ini merupakan salah satu upaya pengentasan kemiskinan,” tandas Dodo.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x