Mahasiswa Universitas Siliwangi Gagas Program 'Tarik Koper' Demi Cegah Hipertensi di Tasikmalaya

- 2 Juni 2023, 20:30 WIB
Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Siliwangi saat menerapkan program Tiga Strategi Kelola Hipertensi (Tarik Koper) di Aula Kelurahan Parakannyasag, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jumat 26 Mei 2023
Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Siliwangi saat menerapkan program Tiga Strategi Kelola Hipertensi (Tarik Koper) di Aula Kelurahan Parakannyasag, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jumat 26 Mei 2023 /Humas Jabar

PRFMNEWS - Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Siliwangi merilis program kesehatan Tiga Strategi Kelola Hipertensi (Tarik Koper) di Aula Kelurahan Parakannyasag, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat belum lama ini.

Program Tarik Koper merupakan program yang bertujuan untuk mengendalikan penyakit hipertensi di wilayah Kelurahan Parakannyasag, Tasikmalaya.

Adapun tiga strategi yang dimaksud yakni skrining hipertensi, pengontrolan minum obat hipertensi, menggunakan instrumen kartu kontrol sebagai pengingat, dan pelaksanaan senam hipertensi.

Baca Juga: Tangis Keluarga Pecah di Markas Polisi Cimahi ketika Berandalan Bermotor Minta Maaf kepada Orangtua

Perwakilan Dosen Unsil Rian Arie Gustaman menjelaskan, program Tarik Koper diproyeksikan mengurangi angka kesakitan hipertensi yang ada di Kelurahan Parakannyasag.

“Program Tarik Koper yang telah diresmikan ini menjadi satu-satunya dari sembilan program hipertensi hasil kolaborasi mahasiswa Unsil dengan Tim PUSPA Parakannyasag," ujarnya.

Baca Juga: Dishub Bogor Mengaku Tidak Keluarkan Kwitansi Parkir di Rest Area Puncak

Sementara itu Kepala Puskesmas Parakannyasag Cece Nurdin mengapresiasi gagasan program Tarik Koper yang merupakan salah satu upaya promosi kesehatan bagi masyarakat.

"Puskesmas Parakannyasag percaya dan akan memberikan dukungannya kepada mahasiswa selaku pencetus program dan petugas puskesmas beserta kader pelaksana program," tutupnya.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x