Polda Jabar Terus Lakukan Pengamanan di Sekitar Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

- 1 Juni 2023, 11:00 WIB
Anggota Polda Jabar saat berjaga di lokasi Proyek KCJB.
Anggota Polda Jabar saat berjaga di lokasi Proyek KCJB. /Polda Jabar/

PRFMNEWS - Jajaran Kepolisian dari Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) terus dilakukan di lokasi proyek strategis nasional kereta cepat Jakarta Bandung. Pengamanan dilakukan karena saat ini KCJB sedang dalam tahap testing dan commissioning.

Kekuatan pengamanan tersebut sebanyak 218 personel, terdiri dari Polresta Bandung 40 personel, Polres Cimahi 65 personel, Polres Purwakarta 53 personel, dan Polres Karawang sebanyak 60 personel. Semua anggota Polda Jabar itu ditempatkan di 61 titik dari Karawang hingga Bandung.

Pengamanan di area proyek KCJB tersebut bertujuan untuk mengantisipasi adanya tindak pidana kriminal yang terjadi seperti pencurian, perkelahian, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta Bandung Diharapkan Ridwan Kamil Menjadi Katalis Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

Selain pengamanan, sosialisasi juga dilakukan kepada masyarakat di sekitar jalur KCJB. Personel yang bertugas akan selalu waspada terhadap pencurian walaupun sifatnya kecil, seperti baut ataupun kabel serta tembaga yang jika hilang dapat berdampak besar, akibatnya sangat berbahaya, mengakibatkan kecelakaan kereta.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, pihaknya terus mengingatkan mengenai pentingnya menjaga keselamatan di sekitar rel kereta cepat terlebih saat ini seluruh jaringan OCS Kereta Cepat Jakarta Bandung telah dialiri listrik dengan tegangan 27,5 KV.

“Sosialisasi terkait KCJB diberikan kepada masyarakat sekitar, jalur yang dilintasi untuk ikut menjaga sarana dan prasarana salah satu Proyek Strategis Nasional demi kemajuan Negara Indonesia,” jelas Tompo.

Baca Juga: Polisi Jaga 63 Titik Rawan di Jalur Kereta Cepat Cegah Gangguan Keamanan dan Ketertiban

Karena saat ini memasuki masa libur sekolah, anak-anak pun diingatkan untuk tidak bermain layang-layang di sekitar rel KCJB.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x