Pemprov Jabar Bangun Jalan Tol Baru di Bogor, Ridwan Kamil: Biaya Full dari Swasta

- 30 Mei 2023, 15:45 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat meninjau lokasi proyek jalan tol khusus tambang di Bogor, Senin 29 Mei 2023.
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat meninjau lokasi proyek jalan tol khusus tambang di Bogor, Senin 29 Mei 2023. /Humas Jabar


PRFMNEWS - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan pembangunan jalan tol baru di Bogor sudah berjalan.

Jalan tol ini bukan difungsikan untuk jenis kendaraan pada umumnya, melainkan menjadi jalan khusus truk-truk tambang yang mengangkut muatan, sehingga tidak mengganggu kendaraan lain.

Jalan tol khusus tambang ini akan menghubungkan Cigudeg - Rumpin, Kabupaten Bogor. Kehadirannya diharapkan mampu mengatasi masalah kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi di 'jalur tengkorak' Parungpanjang.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pastikan Pembangunan Tol Khusus Truk Tambang di Bogor Sudah Berjalan

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan, Pemprov berupaya maksimal dalam menghadirkan jalan tambang Cigudeg - Rumpin yang sudah lama ditunggu masyarakat.

Jalur Cigudeg - Rumpin yang ada saat ini terus tergerus kerusakan karena ada percampuran moda transportasi tambang dengan umum (mixed traffic).

"Selain kecelakaan lalu lintas, kerusakan jalur lama menyebabkan persoalan sosial dan lingkungan karena dekat dengan permukiman penduduk," kata Ridwan Kamil, Senin 29 Mei 2023.

Baca Juga: BIJB Kertajati Ukir Sejarah Penerbangan Haji Pertama di Jabar, Ridwan Kamil: Usia Tertua 103 Tahun

Ridwan juga menyampaikan, pendanaan proyek jalan tol khusus tambang ini tidak bersumber dari uang pemerintah, baik APBD maupun APBN. Dana proyek jalan tol ini bersumber dari pembiayaan swasta sepenuhnya.

"Ini contoh pembangunan tidak pakai anggaran negara. Kita berperan memudahkan urusan ini secara investasi. Perannya adalah pembiayaan full dari swasta," ujar Ridwan Kamil.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x