Wakil Bupati Garut Ajak Masyarakat Bersihkan Situ Bagendit dari Eceng Gondok

- 29 Mei 2023, 12:06 WIB
Suasana saat Wakil Bupati Garut Helmi Budiman melakukan monitoring pembersihan Situ Bagendit
Suasana saat Wakil Bupati Garut Helmi Budiman melakukan monitoring pembersihan Situ Bagendit /kabar-priangan.com/Dindin Herdiana /

 

PRFMNEWS - Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengajak masyarakat maupun pecinta lingkungan untuk bersama-sama ikut membersihkan Situ Bagendit.

Ia menyampaikan, saat ini Situ Bagendit dalam proses pengerukan sejak Sabtu pekan lalu. Kurang lebih sudah 1,5 hektar Situ Bagendit sudah mulai bersih setelah dilakukan pengerukan selama 6 hari.

Helmi menerangkan, diperlukan waktu sekitar 150 hari untuk bisa membersihkan 50 hektar Situ Bagendit. Maka dari itu, masyarakat diharapkan ikut andil membantu pembersihan.

Baca Juga: Cara Kocak Gubernur Jabar Ingatkan Warga Tak ke Luar Negeri, Ridwan Kamil: Main ke Situ Bagendit Garut aja

"Hari ini pun saya lihat tadi dari TNI Polri sudah turun, kemudian dari Tagana, dari PMI, Pramuka, sudah pada turun ke sini walaupun mungkin dari nelayan, masyarakat setempat di sini sudah pada turun," ucap Helmi dalam keterangan resmi.

Pihaknya akan terus melakukan upaya pembersihan Situ Bagendit, dengan membentuk satgas yang melibatkan semua komponen termasuk masyarakat.

"Makanya kita undang semua yang peduli terhadap Bagendit, terhadap lingkungan, ayo kita bareng-bareng lah, sama-sama," ucapnya.

Baca Juga: Uu Ruzhanul Ingin SWJ Ambassador Ikut Promosikan Wisata Religi

Saat ini pengelolaan Situ Bagendit dilaksanakan dengan kerja sama antara pemerintah daerah dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung. Di mana, untuk airnya sendiri dikelola oleh BBWS Cimanuk Cisanggarung dan untuk objek wisata dikelola oleh pemerintah daerah.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x