Pemprov Jabar Terjunkan Tim untuk Cegah Kasus Flu Babi Afrika

- 24 Mei 2023, 09:40 WIB
FOTO ilusttrasi pembersihan kandang untuk mencegah flu babi.*/ANTARA
FOTO ilusttrasi pembersihan kandang untuk mencegah flu babi.*/ANTARA /

PRFMNEWS - Flu babi Afrika tidaklah sama dengan flu babi. Flu babi Afrika atau African Swine Fever (ASF) adalah virus yang menyerang hewan babi, baik babi hutan yang liar maupun babi lokal di peternakan. Flu ini berasal dari virus family Asfarviridae.

Sementara itu, flu babi merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus influenza H1N1. Penyakit ini menyerang saluran pernapasan, termasuk hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Demi menjaga hal tersebut tidak menular ada manusia, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat menerjunkan tim ke dua pusat peternakan babi terbesar di Jawa Barat yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Bogor sebagai langkah pencegahan kasus flu babi Afrika (African swine fever/ASF).

Baca Juga: Usai AirAsia, Super Jet Akan Segera Layani Penerbangan di BIJB Kertajati

"Kami memastikan sampai saat ini tidak ditemukan kasus flu babi Afrika," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner DKPP Provinsi Jawa Barat Suprijanto dikutip dari ANTARA, Rabu, 24 Mei 2023.

Menurut dia, berdasarkan pemeriksaan tim yang dikerahkan ke lapangan, pihaknya memastikan tidak ada laporan terkait flu babi Afrika di kedua daerah sentra tersebut.

Sejauh ini, kasus flu babi Afrika masih ditemukan di luar Pulau Jawa, seperti Riau dan Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Daftar Atlet Kota Bandung yang Persembahkan Emas untuk Indonesia di SEA Games Kamboja 2023

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x