Tiba di Cirebon, Puluhan Biksu 'Thudong' Dijamu Bupati

- 21 Mei 2023, 11:52 WIB
Biksu berada di Kabupaten Cirebon. Mereka dijamu Bupati Cirebon, Imron Rosyadi di Pendopo Bupati, Sabtu 20 Mei 2023.
Biksu berada di Kabupaten Cirebon. Mereka dijamu Bupati Cirebon, Imron Rosyadi di Pendopo Bupati, Sabtu 20 Mei 2023. /Twitter @ybaindonesia


PRFMNEWS - Puluhan biksu melakukan 'thudong' atau berjalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur untuk menyambut Hari Raya Waisak, pada 4 Juni 2023.

Saat ini para bhante atau biksu berada di Kabupaten Cirebon. Mereka dijamu Bupati Cirebon, Imron Rosyadi di Pendopo Bupati, Sabtu 20 Mei 2023.

"Kalau dari jadwal tidak ada kegiatan di pendopo, tapi kami sebagai tuan rumah langsung berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengundang dan menjamu para banthe," ujar Imron dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Kemenag Pastikan Waisak 2567 BE Bertepatan 4 Juni 2023

Ada 32 biksu yang diundang oleh Imron ke Pendoponya. Hal ini kata Imron, sebagai bentuk penghormatan, mengingat Cirebon menjadi salah satu daerah yang disinggahi para biksu tersebut.

Acara di Pendopo Cirebon ini tidak masuk dalam agenda perjalanan para biksu, akan tetapi ini merupakan salah satu cara penghormatan, apalagi warga masyarakat Cirebon sangat antusias ketika kedatangan para biksu.

Ia melanjutkan bahwa kedatangan para banthe ke Cirebon ini, sekaligus membuktikan bahwa toleransi di Indonesia masih terjaga dengan baik.

Baca Juga: Thudong, Ritual Biksu Jalan Kaki dari Thailand ke Borobudur

"Hal itu dibuktikan oleh antusiasme masyarakat yang menyambut kedatangan para Biksu. Saya sampai terharu, melihatnya," tutur Imron.

Imron juga menyinggung banyaknya narasi di media sosial yang menjadikan agama sebagai penyebab pemecah belah persatuan. Namun, kedatangan para Biksu ini, membuktikan hal sebaliknya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x