Program Polisi RW Jabar Diresmikan, Ridwan Kamil Tekankan Hal Ini

- 15 Mei 2023, 20:16 WIB
Program Polisi RW diluncurkan di wilayah hukum Polda Jabar.
Program Polisi RW diluncurkan di wilayah hukum Polda Jabar. /dok Pemprov Jabar


PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan program "Polisi RW Polda Jabar" yang ditandai dengan apel yang digelar di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin 15 Mei 2023.

Polda Jawa Barat menyelenggarakan apel Launching yang dikuti sekitar 30.125 Polisi RW Jajaran Polda Jabar untuk meng-cover sebanyak 52.000 RW.

Peresmian Polisi RW se-Polda Jabar ditandai dengan penekanan sirine oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Kapolda Jabar dan Kasdam III/Siliwangi. Ketiga pejabat tersebut juga memasangkan rompi dan pet kepada tiga orang personel Polri sebagai perwakilan.

Baca Juga: Kasus Todong Pisau di Pasar Cimol: Polisi Masih Dalami Alasan Pelaku Belum Bisa Sediakan Barang Pesanan Korban

Polisi RW ini merupakan anggota Polri yang disiapkan dan ditugaskan di wilayah RW dan sejenisnya untuk menyelenggarakan pemolisian masyarakat, dalam meniadakan gangguan terhadap keamanan dan ketertiban, menciptakan ketentraman serta mendukung terwujudnya kualitas hidup masyarakat.

Progran ini dilaksanakan untuk meningkatkan penyelenggaraan Harkamtibmas dengan menempatkan personel Polri dari berbagai fungsi Kepolisian untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan Kepolisian pada masyarakat dengan memperkuat penyelenggaraan Harkamtibmas di seluruh Indonesia sampai tingkat RW.

Selain itu, juga untuk semakin mendekatkan anggota Kepolisian dengan masyarakat dan memperkuat data Kepolisian tentang potensi ancaman keamanan hingga tingkat RW.

Baca Juga: Tes Fungsi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dimulai, Warga Diminta Tidak Mendekat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam paparannya berharap dengan adanya kehadiran Polisi RW itu, diharapkan masyarakat bisa lebih mudah apabila membutuhkan kehadiran Polisi, dimana terdapat nomor telepon Polisi RW yang bisa dihubungi oleh masyarakat.

"Polisi RW harus jadi jembatan antara warga dan polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Semoga program ini jadi contoh teladan bagi daerah lain. Dengan semangat sabilulungan serta gotong rotong kita dapat menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Kang Emil.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x