Ridwan Kamil Ungkap 2 Alasan Kenapa Warga Enggan Pakai Masker

- 12 Agustus 2020, 13:42 WIB
GUBERNUR Jabar Ridwan Kamil memberikan laporan terkait penanganan COVID-19 di Jabar dalam rapat koordinasi bersama Presiden RI Joko Widodo di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Selasa 11 Agustus 2002.
GUBERNUR Jabar Ridwan Kamil memberikan laporan terkait penanganan COVID-19 di Jabar dalam rapat koordinasi bersama Presiden RI Joko Widodo di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Selasa 11 Agustus 2002. /Dok. HUMAS PEMPROV JABAR

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan, di era adaptasi kebiasaan baru (AKB) ini, protokol kesehatan sangatlah penting untuk diterapkan. Adapun salah satu protokol kesehatan terpenting yang harus selalu dilakukan adalah menggunakan masker.

Agar warga disiplin menggunakan masker, Pemprov Jabar pun memberlakukan sanksi administratif bagi warga yang tak menggunakan masker.

Dari hasil pemantauan di beberapa titik di Jawa Barat, Kang Emil -sapaan akrab Ridwan Kamil-, menemukan orang yang membawa masker namun enggan menggunakannya. Selain itu, ada juga orang yang memang enggan membawa dan menggunakan masker.

Baca Juga: Menaker Sebut Bantuan Subsidi Rp600 Ribu Bagi Pekerja, Masuk Finalisasi Payung Hukum

"Jadi ada dua tipe, (pertama) yang memang tidak disiplin, (kedua) tapi ada juga yang paham tapi malas," ucap Ridwan Kamil saat memberikan laporan kepada Presiden Indonesia Joko Widodo di Markas Kodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Selasa 11 Agustus 2020.

Ridwan Kamil menegaskan, di kondisi pandemi saat ini, protokol kesehatan sangatlah penting. Dia meyakini penggunaan masker secara disiplin sama efeknya dengan penerapan lockdown.

Baca Juga: Dadang Naser Dorong Pengalihan Bansos dari Bantuan Sembako Jadi Bantuan Permodalan

"Kami mempercayai sebuah penelitian dari Goldman Sachs. Kajiannya adalah lockdown dengan pakai masker itu sama-sama menurunkan tingkat penularan. Tapi kalau lockdown ada korban tingkat ekonomi sosial, tapi kalau pakai masker tidak," tegasnya.

Maka dari itu, Kang Emil meminta warga untuk disiplin menggunakan masker agar di wilayah Jabar tidak diberlakukan lockdown atau PSBB kembali.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x