Pendapatan Jawa Barat dari Pajak Kendaraan Meningkat Meski di Tengah Pandemi Covid-19

- 12 Agustus 2020, 13:20 WIB
Ilustrasi STNK *PRFM/dok
Ilustrasi STNK *PRFM/dok /

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, saat menerima kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Markas Kodam III/Siliwangi Kota Bandung, Selasa 11 Agustus 2020 kemarin, memaparkan perkembangan penanganan covid-19 di Jawa Barat. Selain itu, Kang Emil -sapaan akrab Ridwan Kamil- juga menyampaikan kondisi terkini lainnya seputar Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil melapor kepada Presiden jika pada tahun 2020 ini meski di tengah pandemi covid-19, raihan pendapatan pajak daerah yang bersumber dari pajak kendaraan mengalami peningkatan.

"Yang menarik pajak kendaraan bermotor malah naik pak," lapor Kang Emil kepada Jokowi.

Menurutnya, peningkatan penadapatan dari pajak kendaraan ini terjadi karena Pemprov Jabar melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar telah membuat beberapa program yang membuat orang lebih mudah membayar pajak.

Baca Juga: Menaker Sebut Bantuan Subsidi Rp600 Ribu Bagi Pekerja Masuk Finalisasi Payung Hukum

Sebagaimana diketahui, untuk memudahkan warga membayar pajak kendaraan, Bapenda Jabar telah meluncurkan aplikasi Sambara, T'Samsat, Samsat J'bret yang bisa digunakan warga untuk membayar pajak tanpa harus antre di kantor Samsat.

"Kesimpulannya kalau kita permudah, rakyat itu disiplin," ujarnya.

Baca Juga: Dadang Naser Dorong Pengalihan Bansos dari Bantuan Sembako Jadi Bantuan Permodalan

Dengan adanya pandemi covid-19 yang berdampak pada banyak sektor, Pemprov Jabar justru memprediksi raihan pendapatan dari pajak kendaraan akan turun. Namun nyatanya, meski ada pandemi covid-19, pendapatan dari pajak kendaraan justru mengalami kenaikan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x