Sebelum Putuskan Gelar KBM Tatap Muka, Disdik Jabar Verifikasi Sekolah di Kecamatan Zona Hijau Covid

- 9 Agustus 2020, 21:59 WIB
Salah seorang staf SDN KORPRI 02 Baleendah saat memperlihatkan bangku sekolah yang sudah diberi tanda khsusus agar tidak diisi siswa.**
Salah seorang staf SDN KORPRI 02 Baleendah saat memperlihatkan bangku sekolah yang sudah diberi tanda khsusus agar tidak diisi siswa.** /BUDI SATRIA/PRFM

PRFMNEWS - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi mengatakan pihaknya tengah melakukan verifikasi terhadap sekolah yang berada di kecamatan yang berstatus zona hijau pada level kewaspadaan Covid-19.

Menurutnya, Disdik Jabar melakukan verifikasi terhadap sekolah di 228 kecamatan yang berstatus zona hijau.

Verifikasi dilakukan untuk melihat sejauh mana sekolah menyiapkan sarana protokol kesehatan sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka dilaksanakan.

"Yang akan kita pilih (KBM tatap muka) adalah sekolah di 228 kecamatan zona hijau dari 627 kecamatan di Jabar," ujar Dedi saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Minggu 9 Agustus 2020.

Baca Juga: Hasil MotoGP Ceko 2020, Pebalap KTM Red Bull Brad Binder Juara

Saat ini kata dia, verifikasi sudah masuk pada tahap finalisasi. Pada 18 Agustus nanti katanya, baru bisa diputuskan sekolah mana saja yang sudah memenuhi syarat untuk melakukan pembelajaran tatap muka.

"Nanti akan ditentukan apakah semua sekolah atau sebagian," katanya.

Verifikasi yang dilakukan pengawas dan cabang dinas sendiri dilakukan dari mulai melihat infrastruktur, data siswa, ruang isolasi, termasuk data kesulitan anak dan orangtua ketika melaksanakan belajar secara daring.

"Kita data juga kesulitan anak didik terhadap belajar daring," katanya.

Baca Juga: Status Pegawai KPK Jadi ASN, Ini Beberapa Kekhawatiran Mantan Ketua KPK

Lebih lanjut dia menuturkan, pembukaan sekolah ini akan dilakukan secara bertahap.

Pihaknya akan mengutamakan keselamatan dan kesehatan tenaga pendidik dan peserta didik sebelum pembelajaran secara tatap muka digelar.

"Pembukaan sekolah ini akan dilakukan bertahap, jadi tidak serentak. Keselamatan dan kesehatan anak didik diutamakan sebelum KBM tatap muka," katanya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x