Bogor dalam Kewaspadaan Tinggi Covid, Wakil Walikota: Mudah-mudahan Tidak Tergelincir ke Zona Merah

- 8 Agustus 2020, 22:14 WIB
ILUSTRASI Covid-19
ILUSTRASI Covid-19 /.*/ Dok. PRFM News

PRFMNEWS - Level kewaspadaan Covid-19 Kota Bogor meningkat dari level rendah atau zona kuning ke level sedang atau zona oranye.

Peningkatan level tersebut tidak terlepas dari naiknya kasus konfirmasi Covid-19 di Kota Bogor.

Wakil Walikota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan, saat ini Bogor dalam kewaspadaan tinggi.

Lokasinya yang berada di kawasan Jabodetabek yang merupakan episentrum penyebaran Corona kata dia, memicu meningkatnya kasus di daerah tersebut.

"Bogor masih dalam kewaspadaan tinggi, mudah-mudahan tidak tergelincir ke merah (zona merah)," katanya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Sabtu 8 Agustus 2020.

Baca Juga: Banyak Peminta Sumbangan HUT RI di Jalan, Ketua Karang Taruna Kota Bandung: Ada Cara yang Lebih Elok

Dia mengatakan, dalam kondisi Pembatasan Sosial Bersakla Besar (PSBB) transisi, pihaknya mengalami kendala terutama dengan meningkatnya kasus di klaster rumah tangga. Klaster rumah tangga ini sumber penularannya berasal dari luar.

"(Klaster rumah tangga) awalnya berasal dari imported cases (penularan dari luar), mereka yang kerja di DKI (Jakarta) dengan KTP Bogor, atau perjalanan dinas melalui moda transportasi, atau KTP Bogor tapi domisili di zona merah," tambahnya.

Lebih lanjut dia berharap benteng terakhir pertahanan dari Covid-19 yaitu fasilitas kesehatan tidak menjadi klaster. Karena, jika fasilitas kesehatan jadi klaster, maka kondisinya sangat berbahaya.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Hari Ini, Tak Usah Lagi Unggah Foto Selfie

Dia telah meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat untuk mendata ulang 8 rumah sakit yang menjadi rujukan Covid-19.

"Kita minta agar rumah sakit yang menjadi rujukan betul-batul menerapkan SOP dengan benar, dan langkah-langkah penanganan Covid-19 ditunjang sarana dan tenaga medis yang memadai," katanya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x