Pelabuhan Patimban Subang Ditargetkan Launching Awal November 2020

- 8 Agustus 2020, 14:58 WIB
GUBERNUR Jabar Ridwan Kamil melakukan video conference terkait pembahasan progres pembangunan Pelabuhan Patimban bersama Menhub RI Budi Karya Sumadi, dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat 07 Agustus 2020.
GUBERNUR Jabar Ridwan Kamil melakukan video conference terkait pembahasan progres pembangunan Pelabuhan Patimban bersama Menhub RI Budi Karya Sumadi, dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat 07 Agustus 2020. /DOK. HUMAS PEMPROV JABAR/

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, sesuai arahan Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI) Budi Karya Sumadi, peluncuran awal (soft launching) Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang rencananya akan dilakukan awal November 2020.

Saat ini, progres pembangunan Tahap I pelabuhan yang menjadi bagian dari kawasan Segitiga Rebana ini hampir rampung atau mencapai lebih dari 90 persen.

Ridwan Kamil mengatakan, proses pembangunan Pelabuhan Patimban relatif cepat berkat kerja sama dan kekompakan semua pihak yang terlibat, mulai dari pemerintah pusat, daerah, kontraktor, hingga para pemangku kepentingan (stakeholder).

Baca Juga: Guru Besar UPI Minta Pemerintah Konsisten Terkait Kebijakan Sekolah Tatap Muka

“Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, tentunya ini adalah bukti kalau kita kompak, segala tantangan bisa diatasi dengan baik. Rencana soft launching ini mudah-mudahan bisa terlaksana (sesuai target),” kata Emil sapaan akrabnya dalam rapat bersama Menhub RI Budi Karya Sumadi melalui video conference dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (7/8/20).

Emil menambahkan, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar pun sudah terlibat dalam pembangunan Pelabuhan Patimban secara total, terutama terkait penetapan lokasi (penlok) sejak 2019 yang sudah selesai dilakukan.

“Sesuai tupoksi, kami (Pemda Provinsi Jabar) sudah dukung all out. Penlok sudah kami rilis sejak 2019 dan itu sudah selesai. Kemudian kami koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, kepala desa, dan masyarakat untuk memastikan tidak banyak dinamika dan spekulasi yang merugikan kita semua,” ujar Emil.

Baca Juga: Komunitas Supratman Freedom Military, Wadah Pencinta Baju Army di Jawa Barat

Menhub RI Budi Karya Sumadi pun mengapresiasi langkah cepat semua pihak yang terlibat dalam pembangunan Pelabuhan Patimban. Dia pun menargetkan soft launching akan dilakukan di awal November mendatang.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x