Gempa Cianjur M 4.0 Picu Longsor hingga Rusak Rumah dan Tutup Jalan Desa

- 30 Maret 2023, 10:20 WIB
Ilustrasi gempa di Cianjur
Ilustrasi gempa di Cianjur /Pikiran-Rakyat Bekasi

PRFMNEWS – Gempa bumi yang mengguncang wilayah Cianjur bermagnitudo 4.0 pada Rabu, 29 Maret 2023 memicu tanah longsor di Desa Bejod, Kecamatan Cugenang.

BPBD Kabupaten Cianjur mencatat, akibat longsor yang dipicu gempa ini, dua rumah warga di desa yang berlokasi di zona merah sesar Cugenang itu rusak tertimbun.

Sekretaris BPBD Cianjur Rudi Wibowo mengatakan, longsor yang menimbun rumah warga ini terjadi beberapa jam setelah terjadinya gempa yang turut disertai hujan lebat.

Baca Juga: Pengumuman: Perumda Tirtawening Akan Lakukan Perbaikan Pipa Berimbas Gangguan Pelayanan Air Selama 2 Hari

Menurut Rudi, saat itu warga melihat ada pergerakan tanah tebing setinggi 30 meter di belakang perkampungan hingga akhirnya longsor.

Rudi memastikan akibat longsor usai gempa yang menimpa rumah warga tersebut tidak mengakibatkan adanya korban.

"Beruntung pemilik sudah pindah ke rumah relokasi di Kecamatan Cilaku bersama keluarganya, sehingga kedua unit rumah dalam keadaan kosong. Tidak hanya bangunan rumah, longsor juga menimbun kandang sapi, pondok kayu dan jalan desa sepanjang tujuh meter," jelasnya, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Dia menambahkan, pihaknya masih melakukan pendataan terkait kerusakan lain akibat longsor yang terjadi di Kampung Lebak Benjod, Desa Benjod, dimana 45 kepala keluarga direlokasi karena masuk dalam zona merah sesar Cugenang.

Baca Juga: Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Indonesia Terancam Sanksi FIFA, Erick Thohir: Harus Tegar

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x