Diungkap Ridwan Kamil, Pemprov Jabar Berencana Gelar Pangan Murah di Alun-alun hingga Perkantoran

- 29 Maret 2023, 09:45 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) berdialog dengan pedagang saat inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Kiaracondong, Bandung, Jawa Barat, Selasa (28/3/2023).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) berdialog dengan pedagang saat inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Kiaracondong, Bandung, Jawa Barat, Selasa (28/3/2023). /Novrian Arbi/ANTARA FOTO

PRFMNEWS – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) sudah menyiapkan upaya strategis untuk menekan kenaikan harga bahan pangan jelang Lebaran IdulFitri 2023.

Ridwan Kamil menyatakan langkah strategis ini akan diterapkan apabila kenaikan harga bahan-bahan pokok jelang Lebaran 2023 terus melambung.

Upaya pertama untuk menekan kenaikan harga pangan yang terus melambung jelang Idul Fitri 2023 adalah operasi pasar murah.

Baca Juga: Datangi Pasar Kiaracondong, Ridwan Kamil Temukan Beberapa Harga Bahan Pangan Alami Kenaikan

Menurut Ridwan Kamil, Pemprov Jabar sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp10 miliar untuk menggelar operasi pasar murah ini.

"Kalau sudah lampu kuning tindakan kita operasi pasar, anggaran sekitar Rp10 miliar. Kita datangi di titik-titik yang ada kenaikan terlalu signifikan," ucapnya.

Langkah kedua, lanjut Kang Emil, yakni menjalankan program pangan murah di luar pasar, seperti alun-alun, perkantoran, dan tempat keramaian lainnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Harap Keberadaan Galeri Rasulullah Menambah Suasana Religi di Masjid Raya Al Jabbar

Kang Emil menuturkan, harga yang dijual dalam program ini akan jauh lebih murah karena langsung didatangkan dari petani tanpa melewati tengkulak.

"Program pangan murah di luar pasar, seperti di alun-alun, perkantoran, dan sebagainya. Barangnya langsung dari petani tidak lewat tengkulak sehingga harga lebih murah," jelasnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x