BI Jabar Buka Layanan Penukaran Uang Baru untuk Masyarakat Mulai Hari Ini

- 27 Maret 2023, 19:15 WIB
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea (tengah) menunjukkan layanan penukaran uang baru.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea (tengah) menunjukkan layanan penukaran uang baru. /PRFM


PRFMNEWS - Bank Indonesia (BI) Jawa Barat resmi meluncurkan layanan penukaran uang baru untuk masyarakat yang tersedia di 800 titik se-Jawa Barat, mulai hari ini, Senin 27 Maret 2023.

Layanan penukaran uang baru bertajuk “SERAMBI: Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri" dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan uang pecahan masyarakat selama Ramadan dan menjelang Lebaran 1444 H.

"Bagian dari wujud komitmen menyediakan uang dalam bentuk pecahan sesuai kebutuhan masyarakat. Bank Indonesia menyediakan kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran dan puasa," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea di Kantor BI Jabar, Bandung.

Baca Juga: 5.066 Lokasi yang Ditetapkan Bank Indonesia Mulai Buka Layanan Penukaran Uang Baru Per Hari ini

Erwin mengungkapkan, BI Jawa Barat menyiapkan uang tunai Rp18,3 Triliun untuk memenuhi layanan penukaran uang dengan proyeksi sekira Rp17,4 triliun.

Nilai tersebut lebih besar dari realisasi kebutuhan uang pada periode Ramadan-Idulfitri tahun 2022 sebesar Rp16,6 triliun.

"Ada 800 titik tempat penukaran, dengan uang yang disiapkan Rp18 triliun lebih, dari proyeksi kebutuhan Rp17 triliun. Kita yakin itu bisa memenuhi kebutuhan masyarakat," ucap Erwin.

Baca Juga: Simak Cara Penukaran Uang Melalui Layanan Kas Keliling Bank Indonesia

Sebaran kebutuhan uang tunai paling tinggi bersumber dari wilayah Priangan (di luar Bodebek) yaitu mencakupi 64,2%, diikuti wilayah Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan sebesar 21,5%, dan wilayah Priangan Timur sebesar 14,3%.

"Untuk jumlah pecahannya sendiri, paling banyak yang disediakan adalah tukaran uang nominal kecil. Walau volumenya lebih kecil dari tukaran uang nominal besar," jelasnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x