Ombudsman Jabar Soroti Masalah Kemacetan dan Premanisme di Masjid Al Jabbar

- 25 Maret 2023, 12:45 WIB
Kepala Ombudsman Jabar, Dan Satriana
Kepala Ombudsman Jabar, Dan Satriana /prfmnews


PRFMNEWS - Dibukanya kembali Masjid Al Jabbar Gedebage, Kota Bandung mendapat catatan khusus dari Perwakilan Ombudsman Jawa Barat.

Ombudsman Jabar telah memantau keluhan masyarakat yang muncul sejak pembukaan Masjid Al Jabbar pada Desember 2022.

Menurut Kepala Ombudsman Jabar, Dan Satriana, ada beberapa persoalan yang perlu ditanggulangi Pemprov Jabar agar pelayanan publik berjalan lancar.

Baca Juga: Dibuka Lagi, Patuhi Tata Tertib Masjid Al Jabbar Gedebage: Ada Jalur Khusus Laki dan Perempuan

Beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian antara lain kemacetan jalan menuju lokasi Masjid, Pedagang Kaki Lima (PKL) yang tidak diatur, sarana dan petugas parkir liar, dan pengelolaan Sampah dan kebersihan yang tidak optimal.

1. Masalah kemacetan

Terkait masalah kemacetan, Pemprov Jabar diminta untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Bandung untuk melakukan pengaturan transportasi di luar area Masjid Al Jabbar.

Satriana juga mendorong agar Pemprov Jabar mengembangkan transportasi umum dari dan menuju Al Jabbar, baik melalui kereta api atau shuttle bus untuk mengurangi jumlah kendaraan pribadi sebagai alat transportasi ke Al Jabbar.

"Lalu, mengatur jadwal kunjungan rombongan untuk menghindari penumpukan pengunjung di waktu tertentu, misalnya dengan pengaturan waktu kunjungan secara bergilir (shift) per 3 jam untuk setiap rombongan," kata Satriana dalam keterangannya, Sabtu 25 Maret 2023.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Taman Alun-alun Bandung Dibuka Lagi pada Waktu Tertentu

2. Persoalan parkir

Ombudsman Jabar masih menemukan adanya fenomena tarif parkir di atas normal, juga ditambah dengan belum jelasnya pengaturan kantong-kantong parkir yang dikelola oleh masyarakat, adanya kendaraan yang parkir di badan jalan padahal kondisi jalan di sekitar masjid tergolong sempit, sehingga mengganggu kelancaraan lalu lintas.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x