Menhub Jawab Kepastian Tol Cisumdawu Bandung-Kertajati Digunakan untuk Jalur Mudik 2023

- 25 Maret 2023, 08:37 WIB
Terowongan Tol Cisumdawu, Sumedang, Jawa Barat, Jumat 16 Desember 2022.
Terowongan Tol Cisumdawu, Sumedang, Jawa Barat, Jumat 16 Desember 2022. /Pikiran Rakyat/Rio Rizky Pangestu/

PRFMNEWS – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) seluruh seksi dapat beroperasi mendukung jalur mudik Lebaran Idul Fitri 2023.

Menhub menyatakan Tol Cisumdawu penghubung Bandung hingga Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat akan dibuka secara fungsional untuk dilintasi kendaraan mudik dan balik Lebaran 2023.

Mulai tanggal 15 April 2023, kata Budi, Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4-6 penghubung Cimalaka-Legok-Ujungjaya-Dawuan bisa dibuka fungsional untuk jalur mudik-balik Lebaran.

Baca Juga: Didukung Tol Cisumdawu, Bandara Kertajati Siap Layani 20 Kloter Jemaah Haji dari 7 Wilayah Jabar

Kendati demikian, Menhub Budi mengaku bahwa kebijakan fungsional Tol Cisumdawu untuk jalur mudik-balik Lebaran 2023 berada di tangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Tetapi fungsional hampir bisa dipastikan, tentu nanti ada dinamika mundur 1 sampai 2 hari itu ada," kata Budi, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Jumat 24 Maret 2023.

Selain bisa dimanfaatkan untuk menunjang arus mudik Lebaran 2023, Budi mengungkapkan pihaknya punya kepentingan lain atas operasional Tol Cisumdawu, yakni untuk meningkatkan volume penumpang di Bandara Kertajati.

Baca Juga: Jalur Bandung-Cirebon di Tanjungsari Ramai Kendaraan Lagi, Efek Tarif Tol Cisumdawu Mahal?

Dia mengaku sejak awal telah ditugaskan Presiden Joko Widodo untuk mendukung Bandara Kertajati sebagai alternatif dari bandara internasional di Indonesia.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x